NEWS

Jokowi ke Investor Cina: Don’t Need to Worry, You Just Need to Hurry

Jokowi sebut Indonesia berpengalaman urus pemilu langsung.

Jokowi ke Investor Cina: Don’t Need to Worry, You Just Need to HurryPresiden Jokowi bersama jajaran pemerintah Indonesia dalam Forum Bisnis Indonesia-Cina. (dok. Setpres)
17 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupaya meyakinkan para investor Cina menanamkan investasinya di Indonesia dengan skema kerja sama yang aman dan saling menguntungkan.

Jokowi mengatakan, ada indikator ekonomi menunjukkan capaian positif, seperti pertumbuhan ekonomi yang konsisten di atas 5 persen, neraca dagang yang surplus 41 bulan berturut-turut, Purchasing Manager Index (PMI) di level ekspansif selama 25 bulan berturutan, termasuk bonus demografi yang tengah dihadapi Indonesia.

Selain mempersiapkan sejumlah insentif, pemerintah juga beripaya menjaga stabilitas politik menjelang pemilihan umum serentak pada Februari 2024.

“Indonesia sudah berpengalaman melakukan pemilihan umum secara langsung selama lima kali. So, you don’t need to worry, you just need to hurry,” katanya seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Selasa (17/10).

Seperti Bruce Lee

Jokowi dalam acara Forum Bisnis Indonesia-Cina.
Jokowi dalam acara Forum Bisnis Indonesia-Cina. (dok. Setpres)

Menurutnya, cara pebisnis Cina dalam berinvestasi ke Indonesia sudah cukup cepat. Ia pun menganalogikannya seperti Bruce Lee dengan gerakan wing chun-nya. “Tahun 2013 Cina berada di urutan 12 kontributor foreign direct investment (FDI) di Indonesia, tapi di tahun 2022 sudah menjadi urutan yang kedua,” ujarnya.

Dalam dua tahun ke depan, Cina bisa menjadi kontributor FDI terbesar bagi Indonesia. Apalagi, peluang berinvestasi di Indonesia semakin besar, seperti hilirisasi industri bahan tambang, pengembangan energi baru terbarukan (EBT), hingga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan investasi yang sudah terealisasi US$2 miliar atau sekitar Rp31,45 triliun (kurs Rp15.722,73 per dolar AS).

Bertemu PM Cina

Pertemuan Jokowi dengan PM Cina, Li Qiang.
Pertemuan Jokowi dengan PM Cina, Li Qiang. (Dok. Setpres)

Related Topics