NEWS

Jokowi: Pemerintah Seriusi Penataan Lingkungan dalam Pembangunan IKN

Komposisi alam mencapai 75-80 persen wilayah IKN Nusantara.

Jokowi: Pemerintah Seriusi Penataan Lingkungan dalam Pembangunan IKNPresiden Jokowi bersama sejumlah pemred dan pejabat meninjau Persemaian Mentawir, di Penajam Paser Utara, Kaltim, Rabu (22/6). (dok. Setkab)
23 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pembangunan persemaian Mentawir merupakan wujud nyata keseriusan pemerintah dalam menata lingkungan, khususnya di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi mengatakan, pemerintah menargetkan komposisi alam sebesar 75-80 persen dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini sesuai dengan konsep IKN sebagai kota di dalam hutan atau forest city.

“Kita mau menunjukkan bahwa kita serius urusan lingkungan, itu serius. Justru kita enggak bangun di sini itu lingkungan makin rusak. Itu aja yang harus digarisbawahi,” katanya dalam kunjungan yang dilaksanakan Rabu (22/6).

Menurutnya, masalah lingkungan akan menjadi perhatian utama pemerintah. “Kita tunjukkan niat benar kita itu ya ini. Nanti kalau sudah ada 12 juta, 15 juta (bibit) baru, dan bukan di sini saja, nanti mau kita tunjukkan yang di Kalsel kayak apa, Kalteng kayak apa,” kata Presiden.

Sekilas tentang Persemaian Mentawir

Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6).
Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6).(dok.Setkab)

Berdasar laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Persemaian Mentawir yang berlokasi di dekat kawasan inti IKN, dibangun di atas lahan seluas 120 hektare. Sarana utama persemaian seluas 32,5 hektare akan dibangun pada area ini untuk memproduksi bibit lebih kurang 15 juta batang per tahun.

Bibit-bibit tanaman yang siap untuk disemai di lokasi ini, antara lain Nyatuh, Meranti, Kapur, Belangeran, Gaharu, sampai jambu-jambuan. Nantinya, jutaan bibit yang dihasilkan di Persemaian Mentawiri akan dibawa ke IKN untuk ditanam di lahan-lahan kritis.

Diharapkan persemaian ini akan menarik satwa dan burung-burung untuk masuk ke habitatnya di IKN.

Kunjungan ke Bendungan Sepaku Moi

Presiden Jokowi bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri PUPR saat meninjau Bendungan Sepaku Semoi, di Kaltim, Rabu (22/6).
Presiden Jokowi bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri PUPR saat meninjau Bendungan Sepaku Semoi, di Kaltim, Rabu (22/6). (dok. Setkab)

Related Topics