NEWS

Jokowi Resmi Lantik Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK Sementara

Kekayaan Nawawi Pomolango mencapai Rp3,71 miliar.

Jokowi Resmi Lantik Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK SementaraPelantikan Nawawi Pomolango jadi Ketua KPK. (Tangkapan layar)
27 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK, menggantikan Firli Bahuri yangditetapkan tersangka kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Pengangkatan Ketua KPK sementara ini berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 116 P Tahun 2019 Tentang pemberhentian Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Sementara dan Pengangkatan Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Nawawi bersumpah untuk melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh kesungguh-sungguhan. “Saya bersumpah bahwa saya tidak sekali-kali akan menerima, langsung atau tidak langsung, dari siapapun juga, suatu janji atau pemberian,” katanya dalam salah satu penggalan sumpahnya dalam pelantikan, Senin (27/11).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah menandatangani Keppres pemberhentian Firli sekaligus pengangkatan Nawawi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma usai kunjungan kerja dari Kalimantan Barat, Jumat malam (24/11).

“Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menolak, atau tidak menerima, atau tidak mau dipengaruhi, oleh campur tangan siapapun juga, dan saya akan tetap teguh melaksanakan tugas dan wewenang saya, yang diamanatkan undang-undang kepada saya,” kata Nawawi.

Pesan Jokowi

Keterangan pers Nawawi Pomolango di hadapan wartawan usai dilantik sebagai Ketua KPK.
Keterangan pers Nawawi Pomolango di hadapan wartawan usai dilantik sebagai Ketua KPK. (Tangkapan layar)

Kepada awak media, Nawawi mengatakan bahwa jabatan Ketua KPK ada sebuah tugas berat yang diamanatkan kepadanya. Sebelum dilantik, Nawawi pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KPK.

“Saya berencana seusai dari tempat ini, saya akan kembali ke kantor dan meminta rekan-rekan pimpinan dan seluruh pejabat struktural eselon I dan II untuk mengadakan rapat,” kata Nawawi beberapa saat usai pelantikan. “Kami akan berbincang tentang berbagai hal yang barangkali harus kami lakukan sebagai skala prioritas, untuk menghadapi situasi di lembaga KPK.”

Nawawi mengatakan, Presiden mengingatkan dirinya untuk berhati-hati dalam mengemban tugas. Menurutnya, hal paling krusial di tengah kondisi KPK saat ini, adalah tergerusnya rasa percaya masyarakat kepada lembaga KPK.

“Itu yang menjadi modal lembaga (KPK) selama ini, dan itu juga yang tergerus, dan itu yang jadi pekerjaan berat bagi kami,” katanya.

Profil Nawawi Pomolango

Pelantikan Nawawi Pomolango jadi Ketua KPK.
Pelantikan Nawawi Pomolango jadi Ketua KPK. (Tangkapan layar)

Related Topics