NEWS

Kasus Pneumonia Mulai Masuk Indonesia, Dimulai di Jakarta

Pemerintah mulai meningkatkan kewaspadaan.

Kasus Pneumonia Mulai Masuk Indonesia, Dimulai di JakartaIlustrasi anak sakit. (Pixabay/Augusto Ordóñez)
05 December 2023

Fortune Recap

  • Kasus mycoplasma pneumoniae sudah masuk ke Indonesia setelah mewabah di Cina.
  • Pemerintah tengah memverifikasi jumlah kasus, namun WHO menyarankan untuk memperketat surveilance agar lonjakan kasus pneumonia tidak terjadi.
  • Masyarakat tidak perlu panik  dan selalu waspada dengan menggunakan masker dan mencuci tangan, serta segera ke rumah sakit bila gejala batuk pilek atau sesak napas berlanjut.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melaporkan bahwa kasus mycoplasma Pneumoniae sudah masuk ke Indonesia, setelah sebelumnya dilaporkan mewabah di Cina.

Merespon laporan tersebut, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan pemerintah tengah memverifikasi jumlah kasus tersebut. “Pneumonia mycoplasma bukan penyakit baru seperti Covid-19. Penyakit ini (sebelumnya) sudah ada. Dan sudah ada obatnya,” ujarnya kepada media, Senin (4/12).

Siti Nadia mengatakan bahwa sudah ada petunjuk dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) untuk memperketat surveilance agar lonjakan kasus pneumonia tidak terjadi.

Organisasi kesehatan dunia ini melaporkan bahwa kasus pneumonia kembali meningkat di Cina dan menyerang anak-anak.

Related Topics