NEWS

Kemendikbudristek Terapkan Langkah Antisipatif Hepatitis Akut di PTM

Masyarakat diminta tetap waspada, namun tak perlu panik.

Kemendikbudristek Terapkan Langkah Antisipatif Hepatitis Akut di PTMSejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka di SDN Pondok Labu 14 Pagi, Jakarta Selatan, Senin (30/8).(ANTARAFOTO/Sigid Kurniawan)
23 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Belum lagi usai pandemi Covid-19, hepatitis akut muncul dan mengancam kesehatan masyarakat, terutama anak-anak usia sekolah–di bawah 16 tahun. Untuk mengantisipasinya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengupayakan sejumlah langkah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbudristek, Anang Ristanto, mengatakan bahwa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen tetap akan dilaksanakan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, meski ada perkiraan hepatitis akut sudah menjangkit anak-anak usia sekolah.

“Ini menjadi acuan dalam penanganan kasus serta menjamin PTM berjalan dengan baik,” kata Anang dalam acara FMB9: Hepatitis Akut Dicegah, Sekolah PTM Aman secara daring, Kamis (23/5).

Bersama Dinas Pendidikan, pihaknya akan terus meningkatkan kewaspadaan dan kerja sama, termasuk dengan pihak orang tua siswa. “Hal ini untuk menjaga kesehatan dan memastikan fasilitas pelayanan kesehatan,” ucapnya.

PTM untuk menghindari loss learning

Diskusi daring FMB9: Hepatitis Akut Dicegah, Sekolah PTM Aman, Senin (23/5).
Diskusi daring FMB9: Hepatitis Akut Dicegah, Sekolah PTM Aman, Senin (23/5). (Tangkapan layar)

Anang menyampaikan bahwa PTM tetap diupayakan agar anak-anak tetap mendapatkan layanan pendidikan. Apalagi, sejak pandemi melanda, banyak anak sekolah yang belum merasakan pembelajaran di sekolah secara langsung dan rawan mengalami learning loss.

Learning loss adalah istilah yang mengacu pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau spesifik, atau terjadinya kemunduran proses akademik karena suatu kondisi tertentu.

Penyebabnya masih misterius

Ilustrasi Hepatitis Test/Shutterstock Beast01

Related Topics