NEWS

Kemenhub Buka Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022

Posko ini himpun data pergerakan transportasi Lebaran 2022.

Kemenhub Buka Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022Petugas memeriksa pembatas jalan untuk kendaraan yang melaju di ruas jalan Tol saat uji coba ganjil genap di Tol Jakarta - Cikampek Karawang, Jawa Barat, Senin (25/4). (ANTARAFOTO/Ibnu Chazar)
26 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka sejumlah Posko Pusat angkutan lebaran terpadu di seluruh wilayah Indonesia pada masa mudik Lebaran 2022. 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan posko ini akan menghimpun data pergerakan transportasi umum dan penumpang, seiring animo masyarakat yang cukup tinggi pada Lebaran tahun ini.

“Masyarakat dapat lebih merencanakan perjalanannya dan bisa melakukan mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik” ujar Budi Karya dikutip dari laman resmi Kemenhub, Selasa (26/4).

Menurut Menhub, bertempat di Kantor Kemenhub dan beroperasi mulai 25 April-10 Mei 2022. Dalam Posko ini, Kemenhub berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait, seperti Korlantas Polri, BMKG, KNKT, Basarnas, Pelni, Angakasa Pura, ASDP Indonesia Ferry, Jasa Marga, Pertamina, KAI, RAPI, hingga ORARI.

Pergerakan penumpang meningkat

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam acara peresmian Bandara Trunojoyo, Rabu (20/4).
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam acara peresmian Bandara Trunojoyo, Rabu (20/4). (Tangkapan layar YouTube Setpres)

Menteri Budi Karya menyampaikan bahwa terdapat peningkatan pergerakan penumpang di berbagai wilayah, menjelang Lebaran. Kondisi ini terjadi, hampir di semua moda transportasi angkutan Lebaran, di Jawa, Bali, Surabaya, Merak, dan lainnya.

“Di kereta api sampai saat ini sudah 1,5 juta penumpang dari total 8 juta yang diprediksi mudik menggunakan kereta api. Ini yang memang kita harapkan yaitu masyarakat untuk mudik lebih awal,” ujar Budi Karya.

Antisipasi animo tinggi mudik lebaran

Calon penumpang menunggu kedatangan keretanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (7/4).
Calon penumpang menunggu kedatangan keretanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (7/4). (ANTARAFOTO/Sigid Kurniawan)

Related Topics