NEWS

Kemenparekraf Bidik Transaksi US$20,58 Juta di WTM London 2022

Wisman Eropa jadi target utama bagi sektor pariwisata RI.

Kemenparekraf Bidik Transaksi US$20,58 Juta di WTM London 2022Menparekraf, Sandiaga S. Uno. (dok. Kemenparekraf)
08 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan nilai transaksi wisatawan mancanegara dalam ajang World Travel Market (WTM) London 2022 mencapai US$20,58 juta atau sekitar Rp322,28 miliar. Angka ini setara dengan pemesanan wisata sebesar 29.500 pax.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan keikutsertaan Indonesia di WTM London 2022 sejalan dengan upaya peningkatan pemasukan melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. “Partisipasi kita dalam World Travel Market London diharapkan dapat meningkatkan devisa negara melalui pariwisata dan mendorong penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas," ujarnya dalam keterangan yang dikutip dari laman Kemenparekraf, Selasa (8/11).

Indonesia berpartisipasi dalam pameran pariwisata terbesar kedua dunia, WTM London 2022 yang berlangsung di Excel, London, Inggris, mulai 7-9 November 2022. Inggris merupakan salah satu target pasar Indonesia sebagai salah satu destinasi utama di Asia Tenggara. “Tahun 2023, Indonesia menargetkan 3,5 juta sampai dengan 7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara,” katanya.

Upaya bangkitkan pariwisata

Menparekraf Sandiaga Uno kunjungi stand Indonesia di WTM London 2022.
Menparekraf Sandiaga Uno kunjungi stand Indonesia di WTM London 2022. (dok. Kemenparekraf)

Pemerintah melakukan beberapa upaya untuk membangkitkan kembali industri pariwisata, setelah terdampak cukup parah sejak awal pandemi Covid-19 tahun 2020.

Beberapa upaya tersebut, antara lain pembebasan persyaratan tes PCR bagi pelaku perjalanan internasional yang sehat pada saat kedatangan, pembebasan persyaratan karantina untuk wisatawan yang sudah vaksinasi lengkap, pemberlakuan visa on arrival khusus wisata untuk 86 negara sejak September 2022, bebas visa untuk negara anggota ASEAN, dan second home visa.

“Kemudahan pelayanan visa merupakan komponen penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dan meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global,” ujar Menteri Sandiaga.

Adapun yang terbaru, program second home visa juga diharapkan mampu memacu pertumbuhan wisman ke Indonesia dan mengoptimalkan kinerja industri ini yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Kami yakin bahwa second home visa dengan masa berlaku 5-10 tahun bisa menjadi pintu bagi ceruk pasar wisman yang memenuhi kriteria,” ujarnya. 

Target pasar

Menparekraf Sandiaga Uno kunjungi stand Indonesia di WTM London 2022.
Menparekraf Sandiaga Uno kunjungi stand Indonesia di WTM London 2022. (dok. Kemenparekraf)

Related Topics