NEWS

Kemenparekraf Ungkap Tren Ekonomi Kreatif di 2024

Kinerja industri kreatif cukup baik hingga kuartal III/2023.

Kemenparekraf Ungkap Tren Ekonomi Kreatif di 2024Pasar ekonomi kreatif. (dok. Kemenparekraf)
28 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan, industri kreatif jadi salah satu subsektor industri manufaktur dengan kinerja cukup menonjol. Hal ini memberikan angin segar bagi sektor Ekonomi Kreatif dan memunculkan sejumlah tren baru diperkirakan akan booming tahun depan.

Industri kreatif, menurut Kemenperin, memiliki realisasi nilai tambah yang mencapai Rp1,05 triliun pada kuartal III/2023, atau sekitar 82,1 persen dari target 2023 yang mencapai Rp1,28 triliun. Selain itu, kinerja ekspor industri kreatif pada triwulan III-2023 mencatat nilai sebesar US$17,4 miliar, dengan subsektor fesyen menyumbang hingga US$9,88 miliar dan subsektor kriya menyumbang US$6,26 miliar.

Wakil Menteri Kemenparekraf, Angela Tanoesoedibjo, mengatakan bahwa pihaknya akan fokus pada pemanfaatan teknologi dalam pengembangan ekonomi kreatif, yang akan terintegrasi dengan sektor pariwisata. "Poin utama di sini adalah bagaimana kita ingin mendorong lahirnya lebih banyak entrepreneur-entrepreneur baru yang didukung dengan perkembangan teknologi," katanya seperti dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Kamis (28/12).

Menurutnya, ada empat hal yang diperkirakan akan jadi tren di sektor ekonomi kreatif di tahun 2024 yakni Audio Visual, Mobile Game, Musik, dan Kolaborasi. Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulasnya satu per satu.

1. Audio Visual

cara monetisasi YouTube dan syaratnya
ilustrasi membuat channel podcast (unsplash.com/Austin Distel)

Angela mengatakan bahwa konten audio visual akan berkembang seiring dekatnya generasi muda dengan pembuatan konten-konten di berbagai platform media sosial. “Ini akan semakin menguat karena banyaknya platform yang bisa diakses oleh generasi muda,” katanya.

Platform seperti YouTube, Instagram, hingga TikTok merajai media sosial di sepanjang 2023. Bahkan, konten-konten yang dibuat makin jelas bisa memberikan penghasilan bagi para pembuatnya, termasuk para pemilik akun tersebut. Dengan demikian, audio visual pun diprediksi jadi sebuah tren yang masih eksis di tahun depan.

2. Mobile Game

Ilustrasi bermain game di smartphone.
Ilustrasi bermain game di smartphone. (Pixabay/ITECHirfan)

Related Topics