NEWS

KKP dan SnackVideo Optimalkan Penggunaan Medsos Bagi UMKM Perikanan

Diharapkan bisa mendorong pemasaran UMKM secara digital.

KKP dan SnackVideo Optimalkan Penggunaan Medsos Bagi UMKM PerikananKerja sama KKP dan SnackVideo. (dok. KKP)
20 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng SnackVideo Indonesia (PT Karya Kreatif Nusantara) mengoptimalisasi penggunaan media sosial berbasis video pendek bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor perikanan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan (BPPSDM-KKP), I Nyoman Radiarta, mengatakan digitalisasi berepran penting dalam mendorong UMKM naik kelas, khususnya melalui pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan bagi masyarakat.

Menurutnya, BPPSDM memiliki banyak kelompok usaha perikanan yang dilatih dan didampingi oleh para penyuluh perikanan. Terdapat juga mitra kami Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan atau P2MKP. "Selain itu ada wirausaha para taruna di satuan-satuan pendidikan kami. Kelompok-kelompok tersebut dapat menjadi sasaran kerja sama ke depannya,” kata Nyoman seperti dikutip dari laman resmi KKP, Selasa (19/12)

Salah satu kebijakan Pemerintah Indonesia, menurut Nyoman adalah pemberdayaan UMKM lewat digitalisas, sehingga bisa meningkatkan efisiensi operasional, produktivitas, memperluas jangkauan pasar, dan daya saing.

Saat ini, pemerintah memiliki target 40 juta UMKM terdigitalisasi pada 2024, oleh sebab itu pendampingan untuk UMKM perikanan pun mencakup berbagai aspek, termasuk pelatihan digital marketing bersama SnackVideo di sepanjang 2024.

Implementasi nyata

Pedagang menjual ikan segar di Pasar Manonda di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (28/4).
Pedagang menjual ikan segar di Pasar Manonda di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (28/4). (ANTARAFOTO/Mohamad Hamzah)

Agar kerja sama ini berjalan efektif, Nyoman menyebut kerja sama ini tak hanya dalam hal dokumen untuk memenuhi IKU (Indikator Kinerja Utama) atau KPI (Key Performance Indicator). “Tapi benar-benar dapat diimplementasikan secara nyata untuk pengembangan SDM, khususnya bagi masyarakat pelaku utama kelautan dan perikanan, seperti nelayan, pembudidaya, pengolah, dan pemasar ikan, serta petambak garam,” katanya.

Adapun, cakupan kerja sama yang dilakukan adalah pelatihan dan bimbingan oleh SnackVideo melalui tips dan trik membuat konten video pendek yang kreatif namun tetap informatif. Selain itu, pihak KKP juga mengundang praktisi dari SnackVideo untuk menjadi dosen tamu di satuan-satuan pendidikan kelautan dan perikanan.

Dukungan juga diberikan dengan memverifikasi akun milik KKP di SnackVideo serta melakukan penayangan konten-konten video pendek milik KKP berdasarkan demografi yang sesuai agar dapat menjangkau audiens dengan tepat.

Kolaborasi

Ilustrasi aplikasi Snack Video/Dok. Snack Video

Related Topics