NEWS

Bos MD Entertainment Ungkap Pengaruh Konten pada Perilaku Masyarakat

Konten hiburan menarik perhatian publik pada isu penting.

Bos MD Entertainment Ungkap Pengaruh Konten pada Perilaku MasyarakatDiskusi dalam GABF Tech Forum 2023. (IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo)
11 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan teknologi dan arus informasi yang cepat menyebabkan pertumbuhan konten di bisnis media digital ikut berkembang pesat. Konten media pun bisa menjadi sebuah kekuatan yang mampu menggerakkan masyarakat–secara positif maupun negatif.

Pendiri dan CEO MD Entertainment, Manoj Punjabi, mengatakan konten di media sosial saat ini bisa dijadikan cara untuk melakukan kejahatan, seperti penipuan, perdagangan manusia, hingga perbudakan modern. Meski di sisi lain, masih terdapat dampak postifnya seperti sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, mengedukasi, bahkan menggerakkan masyarakat untuk melakukan berbagai hal positif lain. 

“Alih-alih informasi seperti berita, konten yang baik akan lebih efektif untuk membuat perubahan di tengah masyarakat. Jika kita menggurui masyarakat, mereka tidak akan mendengarkan, tapi kalau kita menghibur mereka dengan pesan yang positif, mereka tanpa sadar akan menerima pesan yang disampaikan dan mulai memikirkannya,” ujar Manoj dalam diksusi Government and Business Forum (GABF) Tech Forum 2023, di Sanur, Bali, Kamis (11/8).

Ubah pola pikir

Manoj Punjabi, pendiri dan CEO MD Entertainment.
Manoj Punjabi, pendiri dan CEO MD Entertainment. (IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo)

Manoj menyadari bahwa film adalah salah satu media yang punya kekuatan besar untuk menghasilkan konten, yang secara tidak disadari mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat. “Masyarakat menyaksikan dengan seksama (konten dalam film) yang kami buat, dan tanpa bermaksud untuk mempengaruhi, justru banyak tren yang terjadi, seperti pakaian hingga cara bicara masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, besarnya pengaruh dari konten yang dibuat dalam film, harus bisa digunakan untuk menyebarkan informasi maupun edukasi positif di tengah masyarakat.

“Namun, ini bukanlah usaha satu pihak saja, karena terkait dengan sebuah ekosistem atau industri yang juga harus berkembang, melainkan upaya menuju keputusan kolektif, seperti dari sektor bisnis swasta maupun pemerintah. Bila dilakukan, saya percaya pesan positif bisa efektif berdampak baik bagi masyarakat,” kata Manoj.

Story telling

Cinta Laura Kiehl, Aktris, penyanyi, dan aktivis sosial.
Cinta Laura Kiehl, Aktris, penyanyi, dan aktivis sosial. (IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo)

Related Topics