Comscore Tracker
NEWS

Kunjungi Mandalika, Jokowi Cek Kesiapan Penyelenggaraan MotoGP

MotoGP mampu geliatkan ekonomi warga Mandalika.

Kunjungi Mandalika, Jokowi Cek Kesiapan Penyelenggaraan MotoGPPresiden Joko Widodo saat jajal jalur bypass Bandara-KEK Mandalika, Kamis (13/1). (dok.Setkab)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau sejumlah fasilitas menjelang penyelenggaraan MotoGP pada 18-20 Maret 2022. Jokowi mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menurutnya sudah berjalan baik. 

“Tadi saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara. Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali, semuanya urut-urutannya sudah bagus,” ujar Presiden dalam keterangan pers di laman Setkab, Kamis (13/1).

Presiden meninjau beberapa fasilitas, seperti pos pemeriksaan suhu dan kartu e-Hac, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, serta pos pemeriksaan bea cukai. Kegiatan ini merupakan bagian dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana ke Lombok, NTB, dalam rangka mengecek kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan beberapa agenda lain. 

Penerbangan dari sejumlah wilayah akan ditambah

Untuk mendukung wisatawan yang ingin menonton MotoGP, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto, mengatakan frekuensi penerbangan dari sejumlah kota besar akan ditambah. Penambahan penerbangan ini khususnya yang berasal dari Jakarta, Surabaya, Bali, dan Makasar.

“Mudah-mudahan, penonton nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022,” kata Hadi.

Hadi juga berharap mekanisme travel bubble diterapkan saat MotoGP diselenggarakan. “Hal ini untuk mengantisipasi risiko virus Covid-19 masuk ke Indonesia, saat peserta dan tim MotoGP tiba,” ujarnya. 

Presiden jajal jalur bypass

Selain fasilitas dan protokol kesehatan di Bandara, Presiden Joko Widodo juga menjajal jalur bypass dari Bandara Lombok menuju KEK Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah. Dengan memakai jaket custom bertema G20, Presiden mengendarai sepeda motor menyusuri jalur tersebut.

Presiden meninjau Bundaran Bypass, Bukit Jokowi, hingga Bundaran Sunggung. “Tadi mengecek infrastruktur utamanya jalan bypass dari airport menuju ke Mandalika, terutama yang berkaitan dengan keindahan, dengan estetika, dengan landscape. Tadi juga sudah satu minggu ini dikerjakan dan kelihatan perubahannya,” ujarnya seperti dikutip Antara (13/1).

Sarhunta tingkatkan ekonomi rakyat

Presiden juga meninjau lokasi Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di Dusun Ebangah dan Gerupuk, Lombok Tengah. Fasilitas ini dibangun untuk mendukung gelaran MotoGP Mandalika 2022 dan akomodasi penginapan penonton MotoGP.

Presiden tampak berkeliling untuk menyapa dan berbincang dengan beberapa pemilik Sarhunta. “Tadi saya sudah mengecek satu per satu dari homestay yang telah dikerjakan oleh Kementerian PU. Nanti kita lihat bulan Maret apakah ini terisi atau tidak. Menurut saya insya Allah terisi semuanya,” ucapnya.

Sarhunta yang dibangun oleh pemerintah telah dilengkapi oleh sejumlah fasilitas penginapan seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam. Selain itu, hunian dalam sarhunta tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Related Articles