NEWS

Mengenal Profesi Konselor: Fungsi dan Tugasnya

Konselor makin dibutuhkan di tengah isu kesehatan mental.

Mengenal Profesi Konselor: Fungsi dan TugasnyaIlustrasi profesi konselor. (Pixabay/Mohamed Hassan)
26 June 2024

Jakarta, FORTUNE –  Kesadaran masyarakat akan kualitas kesehatana mental semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman yang kian cepat dan tekanan hiduo yang semakin kompleks. Profesi Konselor pun makin banyak dibutuhkan di tengah masyarakat untuk membantu banyak orang berkonsultasi mengenai berbagai persoalan hidup. 

Menurut American Psychological Association, konselor adalah individu yang terlatih secara profesional dalam memberi saran, untuk membantu orang lain dalam membuat keputusan yang bisa mengubah sikap atau perilaku orang tersebut. Biasanya, hal ini dilakukan dalam bentuk bimbingan untuk meningkatkan pemahaman atas kemampuan diri, dengan menggunakan pendekatan psikologis.

Meski begitu, seorang konselor belum tentu memiliki latar belakang pendidikan psikologi. Psikolog dan konselor adalah dua peran yang berbeda, meski perannya bisa saling melengkapi.

Di Indonesia, profesi konselor cukup umum ditemukan di berbagai ranah profesional, mulai dari pendidikan, psikologi, hingga kesehatan. Dari sinilah akhirnya muncul istilah yang lebih spesifik, seperti konselor pendidikan dan konselor psikologi.

Fungsi

Keberadaan profesi konselor saat ini makin dibutuhkan oleh masyarakat, terutama untuk membantu memecahkan masalah yang mereka hadapi sehari-hari, baik soal kerjaan, keluarga, atau bahkan psikologis pribadi. Menurut Jobstreet, berikut ini adalah beberapa fungsi dari seorang konselor:

Tugas dan tanggung jawab

Agar fungsi tadi bisa berjalan dengan optimal, seorang konselor perlu memerhatikan sejumlah tugas dan tanggung jawab yang mereka miliki. Hal ini akan memperjelas ranah kerjanya, sehingga bisa memperoleh hasil yang efektif dan efisien.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang profesi konselor, termasuk fungsi dan tugasnya. Semoga bermanfaat.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.