NEWS

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Tjahjo Kumolo dapat kehormatan dimakamkan di TMP Kalibata.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal DuniaMenpan RB Tjahjo Kumolo sedang memberikan paparan dalam sidang DPR.
01 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, meninggal dunia pada Jumat, (1/7) pukul 11.10 WIB. Sebelum meninggal, Tjahjo sempat menjalani perawatan intesif di Rumah sakit Abdi Waluyo, Menteng, sejak pertengahan Juni.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani, mengonfirmasi hal ini. Puan mengaku sangat kehilangan sosok Tjahjo yang ia anggap sederhana, tenang, cerdas, dan punya spiritualitas tinggi. Sosok Tjahjo bahkan dianggap sebagai senior yang memberikan pengaruh besar dalam perjalanan karier Puan.

Innalillahi wainnaillahi rojiun, saya sangat berduka. Pak Tjahjo sudah seperti keluarga sendiri,” katanya dalam keterangan, Jumat (1/7). “Sungguh ketenangan dan kematangan berpolitik Om Thahjo sangat terlihat ketika kami, yang saat tu berada di luar pemerintahan, harus mengambil keputusan-keputusan penting.”

Komplikasi beberapa penyakit jadi sebab

Politisi Senior PDIP, Tjahjo Kumolo.
Politisi Senior PDIP, Tjahjo Kumolo. (ANTARAFOTO)

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno, menyampaikan bahwa Tjahjo mengalami komplikasi. “Awalnya kecapekan, letih, pekerjaan yang berat. Kemudian, setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat,” katanya seperti dikutip dari IDNTimes, Jumat (30/7).

Saat ini jenazah Tjahjo Kumolo masih berada di RS Abdi Waluyo. Rencananya jenazah akan disemayamkan di rumah dinas di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Penghargaan Tjahjo semasa hidup

Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta.
Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta. (Wikipedia)

Related Topics