NEWS

Kepala Otorita Ungkap 5 Proyek Groundbreaking IKN Bernilai Rp50 T

OIKN dibangun berdasarkan prinsip ekonomi hijau.

Kepala Otorita Ungkap 5 Proyek Groundbreaking IKN Bernilai Rp50 TPembangunan bandara IKN. (Doc: Kementerian Perhubungan)
14 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan terdapat lima kali Groundbreaking proyek di IKN bernilai Rp49,6 triliun. Angka ini akan terus bertumbuh seiring tahap groundbreaking lain yang akan dilaksanakan segera dalam waktu dekat.

“Sudah ada 32 kira-kira institusi yang sudah melaksanakan groundbreaking yang kelima," kata Kepala OIKN, Bambang Susantono, di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (14/3).

Dia mengatakan, pembangunan proyek infrastruktur, gedung dan kantor lembaga, serta fasilitas publik di kawasan itu akan membentuk ekosistem yang menyeluruh di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, serta menjadi model untuk pengembangan IKN selanjutnya.

Dengan dibangunnya sejumlah sarana dan prasarana IKN akan menjadikan Ibu Kota baru Indonesia itu menjadi kota yang layak huni dan dicintai, lengkap dengan ekosistem yang mendukung kehidupan masyarakatnya di masa depan. “Investasi ini perlu segera mungkin kita realisasikan di lapangan sehingga ekosistem tadi terbentuk,” kata Bambang.

Groundbreaking keenam

Foto udara proses pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10).
Foto udara proses pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10). (ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga)

Sementara itu, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, mengatakan bahwa groundbreaking keenam ditargetkan akan dimulai pada Mei 2024.

“Presiden RI sudah lima kali melakukan groundbreaking di IKN untuk proyek-proyek investasi, dan groundbreaking yang keenam pada Mei targetnya adalah untuk proyek-proyek pendidikan,” ujarnya.

Peletakan batu pertama ini, nantinya melengkapi ekosistem IKN sebagai kota untuk bekerja, layak huni, tempat rekreasi, sekaligus tempat untuk menimba ilmu pengetahuan.

Berdasarkan Lampiran II mengenai Rencana Induk IKN dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menyatakan bahwa prinsip dasar pendidikan di kawasan IKN secara keseluruhan akan diarahkan pada konsep pendidikan abad ke-21.

Prinsip ekonomi hijau

Gambaran IKN.
Gambaran IKN. (dok. OIKN)

Related Topics