NEWS

Usai F1 Powerboat, Luhut Janji Akan Benahi Amenitas di Danau Toba

Para peserta F1H2O menilai Danau Toba indah dan menantang.

Usai F1 Powerboat, Luhut Janji Akan Benahi Amenitas di Danau TobaTim peserta F1H2O Danau Toba memulai sesi latihan, Jumat (24/2). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
24 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –Ajang balap F1 Powerboat Lake Toba (F1H2O) digelar mulai hari ini hingga Minggu, 26 Februari 2023. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pun mengatakan, meski ajang tersebut telah usai, pemerintah akan terus menambah amenitas wisata di sekitar Danau Toba.

Luhut berjanji kepada peserta dan penonton yang hadir jika kawasan Danau Toba, Balige, yang jadi venue F1H2O akan terus berbenah. “Jika kalian datang tahun depan, saya pastikan kota Balige terlihat jauh lebih bersih dan lebih tertata lagi dan kalian akan merasa lebih nyaman tinggal di Kota ini,” ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (24/2).

Ia berharap, event ini akan berdampak positif pada peningkatan kedatangan wisatawan asing ke Danau Toba. “Saya berharap seluruh penyelenggaraan mulai hari ini sampai hari Minggu Presiden berencana akan hadir ,saya berharap kita mendukung pemberitaan yang baik,” katanya.

Apresiasi pada Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba (googlemap.com/a t)

Sementara itu, promotor F1H2O, Nicolo Di San Germano, mengungkapkan apresiasinya pada kesiapan Indonesia dalam penyelenggaraan event global ini, hanya dalam waktu 6 bulan sejak ditunjuk. Menurutnya, Danau Toba adalah venue yang sangat indah.

“Saya sangat senang, karena event di Danau Toba menjadi seri pembuka dari rangkaian balap perahu motor kelas dunia F1 PowerBoat 2023, pascapandemi Covid-19. Teamwork Indonesia mampu mengorganisir dengan baik meski waktunya singkat,” ujar Nicolo.

Menurutnya, Luhut sempat meminta supaya Danau Toba bisa menjadi tuan rumah F1H2O dalam kurun 20 tahun. “Kenapa hanya 20 tahun saja? Danau Toba bisa menjadi tuan rumah sampai 50 tahun. Dan setelah hari Minggu seluruh team selesai bertanding dan akan ada pemenang, saya mau katakan bahwa pemenang sesungguhnya adalah Indonesia yang telah berhasil menjadi tuan rumah yang luar biasa,” katanya.

Tanggapan para pembalap

Persiapan sesi latihan F1H2O Danau Toba.
Persiapan sesi latihan F1H2O Danau Toba. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Related Topics