Comscore Tracker
NEWS

Kasus Covid Rekor, Kemenkes Tunggu Kajian ITAGI Vaksinasi Dosis Empat

Kasus harian di Indonesia cetak rekor baru sebanyak 57.049.

Kasus Covid Rekor, Kemenkes Tunggu Kajian ITAGI Vaksinasi Dosis EmpatIlustrasi vaksin Covid-19. (Pixabay)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Kasus Covid-19 terus meningkat, bahkan hari ini, Selasa (15/2) mencapai rekor baru. Wacana pemberian vaksin dosis keempat pun mengemuka, sebagaimana yang dilakukan pemerintah Swedia dan Korea Selatan yang mulai merekomendasikan dosis keempat vaksin Covid-19 kepada penduduk lanjut usia. 

Juru bicara Menteri Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan pihaknya belum bisa menentukan kapan vaksinasi dosis keempat dapat diterapkan di Indonesia. Pasalnya, pemberian dosis keempat belum dibutuhkan untuk saat ini.

“Dosis keempat kami masih akan tunggu kajian ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization), ya,” ujarnya saat dihubungi tim Fortune Indonesia, Selasa (15/2).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, per Selasa (15/2), kasus harian Covid-19 mencetak rekor terbaru yakni menembus 57.049 kasus. Jumlah ini melewati kasus harian tertinggi di tahun sebelumnya yang mencapai 56.757 pada 15 Juli 2021.

Dengan tambahan kasus baru hari ini, maka total kasus Covid-19 di Indonesia sejak awal pandemi mencapai 4.901.328 kasus. Seiring dengan peningkatan tersebut, jumlah kasus kematian harian pun bertambah hingga 134 orang.

Untuk mengatasi penyebaran virus, pemerintah terus menggencarkan vaksinasi. Kemenkes mencatat, penambahan vaksin dosis pertama di Indonesia per Senin (14/2) telah mencapai 55.693 dan 47.3535 untuk untuk suntikan vaksin dosis kedua, serta 10.414 untuk penambahan jumlah orang yang sudah divaksin dosis ketiga. 

Swedia mulai rekomendasi vaksin dosis keempat

Mengutip AP News, Selasa (15/2), Swedia telah memulai rekomendasi dosis vaksin keempat bagi para lansia yang berumur di atas 80 tahun. Rekomendasi ditujukan bagi lansia yang dirawat di panti jompo atau mendapatkan perawatan di rumah.

Kepala ahli epidemiologi negara Skandinavia, Anders Tegnell, menuturkan pemberian dosis keempat berguna untuk penguatan perlindungan, terutama terhadap penyakit yang parah. Dosis ini pun bisa diberikan setelah 4 bulan pemberian vaksin dosis ketiga.

Selama ini, Swedia dikenal relatif lepas tangan pada permasalahan pandemi, bahkan tidak pernah melakukan penguncian aktifitas ekonomi dan bisnis. Namun demikian, masyarakat Swedia memiliki tanggung jawab individual yang tinggi dalam pengendalian infeksi dan protokol kesehatan pribadi.

Korea Selatan mulai vaksin dosis keempat di akhir Februari

Melansir Nikkei Asia, Selasa (15/2), Korea Selatan juga disebut akan menjadi salah satu negara Asia yang siap memberikan vaksin dosis keempat pada akhir Februari 2022. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan infeksi Omicron.

Menteri Kesehatan Korea Selatan, Kwon Deok-cheol, menyatakan bahwa angka kasus harian terus meningkat dan menimbulkan kekhawatiran.

"Kami berencana untuk menyediakan dosis keempat vaksin Covid-19 bagi mereka yang tinggal di panti jompo dan yang lainnya, di mana belakangan ini terjadi peningkatan infeksi pada orang yang berusia di atas 60 tahun," katanya.

Related Articles