NEWS

Jokowi Tunjuk Luhut jadi Ketua Satgas Percepatan Investasi IKN

Meningkatkan koordinasi antara investor dan K/L terkait IKN.

Jokowi Tunjuk Luhut jadi Ketua Satgas Percepatan Investasi IKNFoto udara proses pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10). (ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga)
16 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah Indonesia menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi, mengatakan satgas investasi dibentuk untuk meningkatkan koordinasi antara otorita IKN dengan kementerian/lembaga terkaiit soal Investasi di Ibu Kota baru Indonesia tersebut. “Dengan identifikasi masalah yang komprehensif, rencana kerja dan target penyelesaian yang jelas,” ujarnya seperti dikutip Antaranews, Senin (15/5).

Hal ini diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dalam penghimpunan investasi. Selain itu, upaya ini juga diharapkan mampu membantu investor  memperoleh informasi yang jelas.

Hingga saat ini, terdapat ada sekitar 209 Letter of Intent (LOI) yang diajukan para investor kepada Otorita IKN. Dari jumlah tersebut, sebanyak 36 LOI sudah ditandatangani dalam bentuk perjanjian non-disclosure agreement, dengan pembicaraan yang lebih rinci dengan pertukaran data. 

Proyek IKN

Bambang Susantono.
Bambang Susantono. (Wikimedia Commons)

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono sebelumnya mengatakan, dalam beberapa bulan mendatang, akan diumumkan sejumlah proyek IKN dari para pelaku usaha atau pembiayaan non-APBN.

“Akan ada satu rumah sakit internasional, kemudian ada juga fasilitas pendidikan dan sebagainya, yang ini nanti akan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kami semua tim, untuk membuat satu ekosistem,” kata Bambang.

Pada 2024, pembangunan IKN tahap pertama akan fokus pada ekosistem utuh yang terdiri dari sejumlah fasilitas, seperti infrastruktur, fasilitas public, gedung perkantoran, sampai pusat perbelanjaan, terutama di kawasan inti Pusat Pemerintahan.

One stop shop

Prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara, Senin (14/3).
Prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara, Senin (14/3). (tangkapan layar YouTube Setpres)

Related Topics