NEWS

Sandiaga Uno Manfaatkan CFPC Ciptakan Pariwisata Berkelanjutan

Sektor pariwisata sumbang 5 persen emisi karbon dunia.

Sandiaga Uno Manfaatkan CFPC Ciptakan Pariwisata BerkelanjutanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (dok. Kemenparekraf)
31 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno,   akan memanfaatkan program Carbon Footprint Calculator (CFPC) untuk menyuarakan inisiatif pariwisata berkelanjutan, sekaligus mempromosikan ekowisata di Indonesia. Hal ini akan dilakukan seiring pelaksanaan Presidensi Indonesia di forum G20.

Sandiaga mengatakan, CFPC bisa jadi upaya penyerapan jejak karbon yang dihasilkan industri pariwisata. “Ini bukan untuk kita, tapi untuk anak cucu kita ke depan, bahwa kita harus memberikan satu warisan pariwisata yang lebih berkelanjutan,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (30/5).

Program CFPC juga sejalan dengan upaya Indonesia dalam berkontribusi mengatasi krisis pemanasan global melalui target Net Zero Emission pada 2060. Program ini dianggap penting untuk dilakukan, “sehingga keindahan alam kita ini bisa kita wariskan kepada generasi penerus,” katanya.

Ilustrasi penerapan CFPC

description
Pantai Kuta di Lombok. Shutterstock//Mazur Travel

Dalam sektor pariwisata, Sandiaga CFPC akan menghitung seberapa besar emisi karbon yang dihasilkan dalam aktivitas wisatawan, saat menuju maupun kembali dari destinasi wisata tertentu.

Hitungan ini nantinya akan jadi acuan bagi pemerintah untuk melakukan pelunasan karbon (carbon offset) dari emisi karbon yang dihasilkan oleh wisatawan. Sehingga, seberapa besar emisi karbon rilis ke udara, sebesar itu pula pelunasan karbon harus dilakukan untuk memperbaiki kualitas udara.

Misalnya, terhitung emisi karbon yang tercipta dari penerbangan New York menuju Bali. “Nanti, diberikan opsi di destinasi seperti Bali, untuk menanam Mangrove, mungkin di desa Pemuteran Buleleng, atau kita menanam pohon di Danau Batur,” ucapnya menggambarkan sistem pelunasan karbon.

Kontribusi pariwisata kurangi emisi karbon

Menparekraf, Sandiaga S. Uno saat meluncurkan side events Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Presidensi G20 Indonesia,  di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (20/4).
Menparekraf, Sandiaga S. Uno saat meluncurkan side events Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Presidensi G20 Indonesia, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (20/4). (dok. Kemenparekraf)

Related Topics