NEWS

Menhub Taksir 8,5 Juta Orang Mudik dengan Pesawat

Pengelola bandara diminta untuk terus bersiap.

Menhub Taksir 8,5 Juta Orang Mudik dengan PesawatIlustrasi : Mudik Lebaran 2022 telah dibolehkan oleh pemerintah. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
25 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah penumpang pesawat akan terus meningkat signifikan pada periode Lebaran 2022. Dari prediksi 85,5 pemudik Lebaran, sebanyak 10 persen atau 8,5 juta orang di antaranya diperkirakan mudik menggunakan moda transportasi pesawat terbang.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) mulai terjadi peningkatan, dimana saat ini sudah mencapai 900 penumpang per hari.

“Sebelumnya pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta sekitar 400 penumpang per hari,” ujarnya saat menginspeksi mudik Lebaran, Minggu (24/4).

Beberapa maskapai pun sudah ada yang melakukan permintaan extra flight untuk mengantispasi lonjakan penumpang. Bandara pun, menurut Menhub, sudah mengoptimalisasi operasionalnya dari 12 jam menjadi 18-24 jam.

Pemerintah apresiasi masyarakat yang mudik lebih awal

Terminal 1A Bandara Soetta pada masa sebelum pandemi Covid-19.
Terminal 1A Bandara Soetta pada masa sebelum pandemi Covid-19. (Flickr)

Menteri Budi juga mengapresiasi masyarakat yang berinisiatif untuk mudik lebih awal, seperti yang diajurkan pemerintah. Hal ini terlihat dari jumlah okupansi penerbangan di Soetta yang sudah mendekati 100 persen. “Ini berarti anjuran mudik lebih awal sudah dilakukan,” katanya.

Setelah menanyakan beberapa penumpang yang mudik awal, Menhub mengatakan sebagian besarnya ingin menghindari kepadatan di masa mudik yang mendekati waktu Lebaran 2022. Selain itu, “harga tiketnya lebih murah,” kata Budi Karya.

Pentingnya aspek keselamatan penumpang dan pelayanan

Petugas di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (28/2/2022), memeriksa penumpang. ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Related Topics