NEWS

PLN Catat Rasio Elektrifikasi Nasional 2023 Mencapai 99,79%

Sebanyak 81.556.202 rumah tangga sudah dialiri listrik PLN.

PLN Catat Rasio Elektrifikasi Nasional 2023 Mencapai 99,79%Petugas PLN melakukan pengecekan dan perbaikan listrik. (dok. PLN)
04 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT PLN (Persero) mencatat Rasio Elektrifikasi (RE) nasional sebesar 99,79 persen per Desember 2023. Hal ini ditandai dengan capaian 81.556.202 rumah tangga yang sudah dialiri listrik PLN.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa RE ini bertambah 0,16 persen dari pencapaian 99,63 persen di tahun 2022. "Kami menjalankan fungsi public service obligation (PSO) dengan menyediakan pemerataan akses ketenagalistrikan ke seluruh pelosok nusantara,” ujarnya dalam Rapat dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, Rabu (3/4).

Darmawan menyebutkan bahwa total penambahan sambungan listrik di tahun 2023 mencapai 3,5 juta, baik untuk kepentingan rumah tangga maupun bisnis dan industri. Khusus untuk rumah tangga, ada tambahan 3,2 juta, dan berkontribusi pada kenaikan rasio desa berlistrik (RDB), meningkat menjadi 99,85 persen pada Desember 2023.

Peta Jalan Lisdes

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (dok. PLN)
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (dok. PLN)

Untuk mendukung pemerataan elektrifikasi ke berbagai pelosok daerah, Darmawan mengatakan PLN sudah membuat Peta Jalan Listrik Desa (Lisdes) pada 2022-2027. Sepanjang tahun lalu, PLN telah mengaliri listrik hingga 76.900 desa dan kelurahan di seluruh Indonesia.

Pemetaan PLN dilakukan secara digital, untuk bisa mengidentifikasi desa-desa yang belum tersentuh oleh jaringan listrik. “Kami juga memetakan eksisting infrastruktur yang sudah dimiliki PLN serta mengembangkan strategi yang paling optimal dan efisien untuk mengekspansi eksisting infrastruktur kelistrikan untuk melistriki desa-desa terpencil tersebut,” ujar Darmawan.

Dari sisi cadangan daya (reserve margin) PLN telah mencapai level di atas 30 persen. Kondisi saat ini lebih baik dibandingkan 2015 di mana PLN masih mancatatkan reserve margin dalam status siaga atau defisit. "Ini adalah buah manis dari pengembangan ekspansi infrastruktur kelistrikan baik itu dari pembangkit, transmisi, maupun juga distribusi,” katanya.

Keadilan sosial

Melalui program ini PLN berupaya menciptakan creating shared value (CSV) bagi masyarakat. (Dok. PLN)
Melalui program ini PLN berupaya menciptakan creating shared value (CSV) bagi masyarakat. (Dok. PLN)

Related Topics