NEWS

Jelang Libur Panjang Waisak, KAI Tambah 20 KA dan 740 Ribu Tiket

Pemerintah berharap adanya peningkatan pergerakan wisatawan.

Jelang Libur Panjang Waisak, KAI Tambah 20 KA dan 740 Ribu TiketKereta api jarak jauh. (Doc: PT KAI)
22 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan 20 kereta api (KA) tambahan, dengan ketersediaan lebih dari 740 ribu tiket menjelang Libur Waisak dan cuti bersama, mulai 23-26 Mei 2024. 

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode libur panjang. "Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season, seperti long weekend ini," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Fortune Indonesia, Rabu (22/5).

Dari total 740.301 tiket yang disediakan, kata Joni, penjualan yang sudah terpesan sampai Minggu (26/5) per Rabu (22/5) sudah mencapai 455.378 tiket atau sekitar 62 persen dari total seluruh tiket.

Adapun, beberapa rute favorit KA di antaranya Jakarta-Surabaya (pp), Jakarta-Solo (pp), Jakarta-Malang (pp), Yogyakarta-Banyuwangi (pp), dan Blitar-Bandung (pp).

Peningkatan penumpang

Candi Borobudur
Candi Borobudur (googlemap.com/mahmoud seylsepour)

Pada keberangkatan Rabu (22/5), KAI mencatat sudah terdapat peningkatan penumpang 1 persen dibandingkan Rabu pekan lalu (15/5) menjadi 112.857 penumpang.

Ia berharap, masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Hari Raya Waisak namun belum memiliki tiket dapat membelinya melalui aplikasi Access by KAI, situs web resmi KAI, ataupun saluran lain yang bekerja sama dengan KAI.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI,” katanya.

Incar 300.000 wisatawan

Menparekraf, Sandiaga S. Uno.
Menparekraf, Sandiaga S. Uno. (Kemenparekraf)

Related Topics