NEWS

Tiga Strategi Penanganan Covid-19 dari Sisi Hulu

Yaitu deteksi, vaksinasi, dan perubahan perilaku.

Tiga Strategi Penanganan Covid-19 dari Sisi HuluMenteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (dok. Humas Setkab)
01 September 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan perlunya strategi penanganan Covid-19 di sisi hulu untuk hasil yang optimal dalam jangka panjang. Ada 3 strategi yang diungkapkan, yaitu deteksi, vaksinasi, dan perubahan perilaku.

“Kita harus lebih mempersiapkan di sisi hulunya, yaitu perubahan perilaku atau 3M, strategi deteksi yang baik atau 3T yang selama ini kita kenal, dan strategi vaksinasi,” ujar Menkes seperti dikutip dari laman sekretariat kabinet, Senin (30/8)

Berdasarkan pantauan data Covid-19 yang dirilis pemerintah per 31 Agustus, jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 4.089.801 dengan 196.281 kasus aktif. Adapun jumlah kesembuhan mencapai 3.760.497. Secara umum, sejak awal Agustus, grafik kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan. Meskipun begitu, secara akumulatif jumlahnya masih meningkat.

Perubahan perilaku

Penggunaan masker saat isolasi. (ShutterStock/JI-Jukrachai)

Terkait strategi perubahan perilaku, Budi mengatakan bahwa pemerintah memanfaatkan teknologi digital penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam penerapan protokol kesehatan. Aplikasi ini punya tiga fungsi, yakni screening, tracing, dan kontrol protokol kesehatan (prokes).

Adapun perubahan perilaku erat kaitannya dengan prokes 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pemerintah akan melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan dengan dukungan teknologi di enam aktivitas utama masyarakat.

Keenam sektor tersebut adalah perdagangan, baik di pasar/toko modern maupun tradisional; transportasi, baik darat, laut, dan udara; pariwisata, seperti hotel, restoran, dan event/pertunjukan; tempat bekerja, seperti kantor atau pabrik, baik sektor pemerintah, swasta, bank, pabrik besar, usaha mikro kecil dan menengah/industri rumah tangga; aktivitas pendidikan, seperti di SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi; dan terakhir aktivitas keagamaan, seperti di masjid, gereja, vihara, maupun pura.

Optimalisasi strategi deteksi

Dua orang tenaga kesehatan berjalan di salah satu ruang perawatan Rumah Sakit Modular Pertamina di Jakarta, Jumat (6/8/2021).
ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/Handout/wsj

Related Topics