NEWS

Waspadai Arcturus, Kemenkes Imbau Pemudik Tes Mandiri Bila Ada Gejala

Virus Arcturus 1,5 kali lebih mudah menular.

Waspadai Arcturus, Kemenkes Imbau Pemudik Tes Mandiri Bila Ada GejalaKepala Tim Kerja Produk IPD Impor Dirjen Farmalkes Kemenkes, Drg R. Edi Setiawan. (Tangkapan layar)
18 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau pemudik segera melakukan antigen mandiri dilakukan bila merasakan gejala terpapar virus Covid-19. Terlebih,tren kasus saat ini mengalami kenaikan dengan ditandai munculnya varian Covid baru yang disebut Arcturus.

Kepala Tim Kerja Produk IPD Impor Dirjen Farmalkes Kemenkes, Drg R. Edi Setiawan, mengatakan terdapat tiga prosedur yang perlu diperhatikan saat melakukan tes mandiri. Pertama melihat izin edar yang tertera pada produk tes antigen mandiri, diikuti melakukan tes mandiri sesuai petunjuk penggunaan.

Tahap kedua, memindai kode Qick Response (QR) untuk melaporkan hasilnya ke aplikasi SatuSehat yang dikelola Kemenkes. Jika positif, maka tes bisa dindaklanjuti dengan PCR di fasilitas kesehatan terdekat, dan nantinya akan ditentukan harus isolasi atau tidak.

Adapun produk tes cepat antigen saat ini adalah yang merupakan produk luar negeri berkode AKL dan produk dalam negeri berkode AKD. “Tes cepat antigen mandiri saat ini bisa dibeli di toko alat kesehatan, apotik, atau tempat lain yang memiliki izin distribusi,” katanya dalam konferensi pers, Senin (17/4).

Metode nasal

Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. (Pixabay/ELG21)

Edi mengimbau, sebaiknya tes cepat antigen yang digunakan adalah dengan metode nasal. “Jadi, cukup diusap ke hidung dan jangan sampai ke nasofaring, karena tes yang sampai nasofaring hanya bisa dilakukan oleh tenaga kesehatan,” katanya.

Imbauan ini bertujuan agar pendeteksian dini bisa dilakukan, masyarakat bisa melakukan upaya pencegahan dan pengobatan bisa lebih mudah. Hal ini juga sudah terhubung langsung dengan aplikasi SatuSehat dan aplikasi telemedisin resmi yang bekerja sama dengan Kemenkes.

Virus Arcturus

Ilustrasi virus korona.
Ilustrasi virus korona. (ShutterStock/Corona Borealis Studio)

Related Topics