NEWS

7 Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi di Perguruan Tinggi

Kenali perbedaan ketiganya

7 Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi di Perguruan TinggiIlustrasi menulis skripsi (unsplash/daniel thomas)
24 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Istilah skripsi, tesis, dan disertasi pastinya cukup familer terdengar di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir. Pasalnya, karya tulis tersebut menjadi penentu lulus atau tidaknya mahasiswa untuk menyandang gelar di belakang namanya.

Pada dasarnya, ketiganya merupakan suatu karya tulis ilmiah yang disusun secara ilmiah dan sistematis. Meskipun begitu, ketiga jenisnya memiliki keunikannya tersendiri. Perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi dapat dilihat dari beberapa komponen. 

Salah satunya jenjang perkuliahannya. Setiap jenjang memiliki proses pembuatan yang berbeda. Apa saja perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi lainnya? Berikut beberapa perbedaan hingga persamaan yang bisa Anda pahami.

Pengertian skripsi, tesis, dan disertasi

Perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi yang mudah untuk dikenali terletak pada pengertiannya. Dari definisinya, Anda bisa melihat perbedaan besar yang ada pada ketiga jenis karya ilmiah tersebut. Adapun pengertian skripsi, tesis, dan disertasi sebagai berikut:

1. Pengertian skripsi

Dilansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya. 

Biasanya, skripsi dikerjakan seorang mahasiswa tingkat S1 untuk memperoleh gelar sarjana. Lewat skripsi, mahasiswa dituntut untuk bisa menulis karya ilmiah sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Selain sebagai syarat kelulusan, skripsi dipakai untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang telah dipelajarinya. Maka dari itu, topik penulisannya juga berbeda-beda.

2. Pengertian tesis

Pengertian skripsi dan tesis kerap disamakan karena istilahnya banyak digunakan di perguruan tinggi luar negeri. Meskipun begitu, tesis memiliki definisi yang berbeda.

Dilansir Universitas Sumatera Utara, tesis adalah suatu karya tulis ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa program pascasarjana untuk mendapatkan gelar magister.

Dibandingkan dengan skripsi, penulisan tesis tentu memiliki bobot yang berbeda. Pasalnya, penulisan tesis diharapkan bisa menghasilkan penemuan baru yang berguna bagi pengembangan ilmu dan masyarakat.

3. Pengertian disertasi

Dilansir dari KBBI, disertasi adalah karangan ilmiah yang ditulis untuk memperoleh gelar doktor. Artinya, mahasiswa yang menulisnya tengah menjalani studi di program doktoral atau S3.

Jika dibandingkan dengan skripsi dan tesis, proses penyusunannya lebih kompleks. Hal tersebut dikarenakan disertasi dituntut untuk bisa menghasilkan penemuan baru dan penting secara mandiri.

Perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi

Dari informasi di atas, ketiganya memang merupakan karya tulis ilmiah yang menjadi salah satu syarat kelulusan. Meskipun begitu, ketiga jenis tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada beberapa bagian.

Namun, tidak sedikit yang masih keliru dan sulit membedakan ketiganya. Agar Anda tidak keliru lagi, berikut beberapa perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi yang perlu Anda pahami.

1. Jenjang perkuliahan 

Berdasarkan jenjang perkuliahannya, ketiganya tentu berbeda. Pembuatan skripsi dilakukan oleh mahasiswa S1 untuk memperoleh gelar sarjana. Sementara itu, tesis dibuat oleh mahasiswa S2 guna mendapatkan gelar master atau magister. Disertasi merupakan karya tulis yang disusun oleh mahasiswa S3 untuk menyelesaikan program doktor.

2. Topik permasalahan atau tema

Biasanya, topik skripsi banyak mengambil dari pengalaman nyata atau empiris yang pembahasannya tidak terlalu mendalam. Di sisi lain, tesis juga berdasarkan pengalaman empiris yang berfokus pada pembahasan yang lebih mendalam dan teoritis.

Untuk disertasi, topiknya harus mengambil dari kajian teoritis yang ditopang oleh data empiris. Sifatnya karya tulisnya juga sangat mendalam dan spesifik. 

3. Proses penulisan

Dalam proses penulisannya, ketiganya tentu membutuhkan peran aktif mahasiswa sebagai penulis. Perbedaannya terletak pada porsi keterlibatannya.

Pembuatan skripsi akan dilakukan secara intensif bersama dengan pembimbing. Untuk tesis, porsi keterlibatan pembimbing akan berkurang sehingga menuntut kemandirian mahasiswa.

Berbeda halnya dengan disertasi, mahasiswa bertanggung jawab penuh atas penelitiannya. Dengan begitu, pembimbing tidak terlalu banyak terlibat dalam proses penulisannya.

4. Bobot ilmiah

Jika dilihat secara bobot akademisnya, ketiganya memang dituntut pembahasan yang ilmiah dan sistematis. Bobot ilmiah skripsi biasanya berada di tahap pemahaman teori dan menyelesaikan sebuah masalah.

Untuk tesis, bobot ilmiahnya semakin tinggi karena adanya tuntutan untuk bisa mengembangkan dan mendalami teori dari penelitian yang dilakukan. Dibandingkan skripsi dan tesis, disertasi memiliki bobot ilmiah paling tinggi karena mahasiswanya harus bisa mengembangkan dan menemukan teori baru.

5. Cara penyajian

Cara pemaparan atau penyajiannya ketiga karya tulis tersebut juga berbeda. Standarnya skripsi dipaparkan secara deskriptif, sedangkan tesis deskriptif dan analitik. Untuk disertasi, pemaparannya harus secara analitik berdasarkan hasil temuan yang didapat.

6. Metode penelitian

Dari pembahasan dan pemaparan yang berbeda, metode penelitian yang dipakai juga berbeda. Umumnya, skripsi menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, atau campuran. Di sisi lain, tesis menggunakan metode penelitian tertentu dan pendekatan multidisiplin atau interdisiplin.

Sama seperti tesis, disertasi juga menggunakan metode penelitian dengan pendekatan multidisiplin dan interdisiplin ditambah transdisiplin.

7. Penguji

Saat ujian tiba, penguji setiap karya tulis akhir untuk masing-masing jenjang perkuliahan berbeda. Standarnya, skripsi akan diuji oleh tiga penguji dengan minimal pendidikan S2.

Untuk tesis, pengujinya berjumlah empat dengan minimal pendidikan S3. Terakhir, disertasi diuji oleh minimal enam orang oleh doktor atau profesor.

Related Topics