NEWS

20 Negara Paling Bahagia di Dunia 2024, RI Nomor Berapa?

World Happiness Report kembali dirilis pada 20 Maret 2024.

20 Negara Paling Bahagia di Dunia 2024, RI Nomor Berapa?Ilustrasi kota Helsinki di Finlandia/Dok. Pexel.com/Aleksei Pribõlovski
21 March 2024

Jakarta, FORTUNE - World Happiness Report kembali dirilis pada 20 Maret 2024 untuk memperingati hari Kebahagiaan Internasional. Laporan tahunan ini berisi peringkat kebahagiaan global di lebih dari 140 negara di seluruh dunia dan dinilai berdasarkan rata-rata evaluasi kebahagiaan mereka selama tiga tahun terakhir, yakni dari tahun 2021 hingga 2023. Laporan ini merupakan kolaborasi antara beberapa lembaga riset ternama, termasuk Gallup, Oxford Wellbeing Research Centre, dan UN Sustainable Development Solutions Network.

Pemeringkatan ini didasarkan pada enam faktor, yakni dukungan sosial, pendapatan, kesehatan, kebebasan, kemurahan hati, dan tidak adanya korupsi. Tahun 2024, Finlandia kembali mempertahankan posisinya sebagai Negara Paling Bahagia di dunia, menempati peringkat pertama untuk tahun yang ke-7 berturut-turut. 

Menurut Jennifer De Paola, seorang peneliti kebahagiaan di Universitas Helsinki, berbagai faktor negatif tidak memengaruhi penduduk Finlandia. Dia menyatakan bahwa hubungan yang erat dengan alam dan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan karier yang sehat memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat kebahagiaan di dunia. Demikian dilansir dari Reuters, Kamis (21/3).

De Paola mengungkapkan bahwa masyarakat Finlandia ditandai oleh tingkat kepercayaan, kebebasan, dan otonomi yang tinggi. Selain itu, tingkat kesejahteraan yang tinggi, kepercayaan pada pemerintah, rendahnya tingkat korupsi, serta ketersediaan layanan kesehatan dan pendidikan gratis juga merupakan faktor utama yang berkontribusi pada tingkat kebahagiaan yang tinggi di negara tersebut.

Dia juga percaya bahwa masyarakat Finlandia memiliki pemahaman yang lebih baik tentang arti kesuksesan hidup daripada negara-negara lain seperti Amerika Serikat, di mana kesuksesan seringkali diidentikkan dengan pencapaian finansial semata.

20 negara paling bahagia di dunia tahun 2024

Dok. Worldhappiness.report

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.