NEWS

Deretan Miliarder Muda yang Kaya dari Uang Kripto

Membuktikan kejayaan aset kripto sebagai sumber kekayaan

Deretan Miliarder Muda yang Kaya dari Uang KriptoShutterstock/Chinnapong
07 October 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Jika banyak orang yang kaya raya dari sebuah bisnis, kini semua orang berpeluang menjadi kaya dari kripto. Pertama kali dalam sejarah ada tujuh orang kaya di Amerika Serikat yang mengumpulkan kekayaannya lewat investasi aset kripto dan masuk dalam daftar orang terkaya di AS. Dari deretan orang tersebut, sebanyak enam lainnya adalah pendatang baru.

Orang kaya pendatang baru dalam daftar orang terkaya AS ,di antaranya adalah CEO Coinbase Brian Armstrong yang tercatat di bursa saham pada April lalu. Pencatatan saham kripto itu juga mencetak rekor pencatatan saham langsung terbesar dalam sejarah, dengan total dana sebesar 86 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.221,2 triliun. Ini semakin membuktikan kejayaan aset kripto sebagai sumber kekayaan.

Dilansir dari Forbes, Kamis (7/10) akumulasi nilai kekayaan tujuh orang terkaya di AS tersebut bersumber dari aset kripto mencapai US$ 55,1 miliar atau sekitar Rp782,42 triliun (kurs Rp14.200). Dari jumlah itu, hampir separuhnya bersumber dari satu orang, yakni CEO dari bursa derivatif kripto FTX Sam Bankman-Fried. 

Forbes pun mencatat, setidaknya ada 11 orang miliarder dunia yang salah satu sumber kekayaannya berasal dari aset kripto. Berikut daftarnya.

1. Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss

Kekayaan bersih US$ 3 miliar. Duo saudara kembar ini merupakan mantan pendayung Olimpiade yang sempat menggugat Facebook dan mendapatkan dana US$ 65 juta.

Mereka tercatat sebagai investor awal bitcoin pada 2012, kini mereka memiliki kekayaan pribadi masing-masing $3 miliar. Mereka juga meluncurkan bursa uang kripto Gemini dan membeli platform lelang seni digital Nifty Gateway.

2. Michael Saylor

Kekayaan bersih US$ 2,3 miliar. Ia merupakan CEO perusahaan perangkat lunak MicroStrategy meraup sekaligus kehilangan banyak uang selama kehancuran bubble burst dot-com pertama pada awal 2000. Ia kini memiliki kekayaan US$ 2,3 miliar setelah mengambil alih bitcoin sebelum booming untuk dirinya dan perusahaannya.

Related Topics