NEWS

East Ventures Meluncurkan Sustainability Report 2024

Menuju masa depan yang berkelanjutan dan inklusif.

East Ventures Meluncurkan Sustainability Report 2024Dok. East ventures
23 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - East Ventures, meluncurkan laporan tahunan East Ventures Sustainability Report 2024. Laporan ini
menunjukkan upaya serta kemajuan berkelanjutan East Ventures dalam mengintegrasikan kerangka Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST / Environmental, Social, and Governance (ESG)) baik dalam operasionalnya maupun di seluruh ekosistemnya, untuk menghasilkan dampak positif bagi masyarakat.

Co-Founder dan Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca, mengatakan keberlanjutan selalu menjadi bagian dari DNA East Ventures.

"Kami memprioritaskan lebih dari sekedar menciptakan keuntungan finansial yang kuat. Misi kami juga mencakup memberikan dampak yang bermakna dan bertahan lama di masyarakat," ujarnya.

Willson mengatakan dalam merayakan ulang tahun ke-15 East Ventures, komitmen ini semakin kuat. East Ventures Sustainability Report 2024 menjadi komitmen bagi realisasi visi East Ventures yang  tidak hanya untuk menunjukkan upaya saat ini terhadap kelestarian lingkungan, keberagaman, dan pemberdayaan masyarakat, tapi juga memetakan langkah dan seluruh ekosistem ke depannya.

Laporan ini berpedoman pada Standar Global Reporting Initiative (GRI), kerangka kerja Sustainability Accounting Standards Board (SASB), dan kerangka kerja Task Force for Climate-related Financial Disclosures (TCFD). Selain itu, East Ventures Sustainability Report 2024 menguraikan strategi keberlanjutan dan pencapaian perusahaan dalam konteks lingkungan operasional tahun ini, memberikan gambaran menyeluruh tentang komitmen East Ventures terhadap keberlanjutan dan
upaya mengatasi masalah ESG.

Avina Sugiarto, Partner East Ventures, berharap laporan keberlanjutan ketiga untuk memaparkan komitmen dan dampak yang diciptakan melalui strategi investasi berkelanjutan kami, yaitu Berbuat Baik dan Menghindari Kerugian. Kami yakin integrasi ESG akan meningkatkan ketahanan dan daya saing perusahaan.

"Laporan ini juga berfungsi sebagai bagian dari penilaian terhadap keberhasilan jangka panjang kami. Kami akan terus giat dalam berbenah diri dan tetap berkomitmen untuk membangun masa depan yang lebih berkelanjutan bagi semua orang,” kata Avina.

Dampak yang diciptakan oleh East Ventures

East Ventures Sustainability Report 2024

Willson mengatakan, East Ventures mengambil langkah progresif dalam menghasilkan dampak positif melalui investasi dan inisiatif kolaboratif.

Melalui pendekatan investasi yang bijak dan sector-agnostic, East Ventures tidak hanya berfokus pada profitabilitas, tetapi juga pada kontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs). Portofolio perusahaan East Ventures mencakup berbagai sektor yang penting dalam mendorong dampak pada 16 dari 17 SDGs, menunjukkan komitmen mereka untuk menjadi agen perubahan positif di dunia bisnis.

Dalam upaya mendorong dampak positif lebih lanjut, East Ventures aktif terlibat dalam berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan. Salah satu contohnya adalah Climate Impact Innovations Challenge, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong solusi inovatif dalam mengatasi perubahan iklim. Selain itu, melalui ECOVISEA dan kalkulator gas rumah kaca berbasis web gratis, East Ventures turut berperan dalam advokasi dan penerapan praktik ramah lingkungan di kalangan perusahaan portofolio mereka.

Tidak hanya berfokus pada investasi dan inisiatif, East Ventures juga aktif dalam memberdayakan ekosistem startup dan bisnis. Melalui East Ventures South Korea fund dan keterlibatan dalam ASEAN Business Entity Hub, perusahaan ini memperluas jaringan kolaboratifnya untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan bisnis di Asia.

Di tempat kerja, East Ventures membudayakan lingkungan inklusif dan suportif bagi seluruh karyawan. Mereka secara aktif mempromosikan keberagaman dan inklusi dengan memberikan peluang pertumbuhan, menerapkan etika bisnis yang kuat, dan mengelola risiko dengan bijaksana.

East Ventures memiliki representasi perempuan yang signifikan di timnya, dengan 55 persen anggota tim, 56.25 persen pemimpin senior, dan 40 persen partner investasi merupakan perempuan. Selain itu, 25 persen dari perusahaan portofolio aktif East Ventures didirikan atau didirikan bersama oleh perempuan, menunjukkan komitmen perusahaan ini dalam mendukung kewirausahaan perempuan.

Dengan komitmen yang kuat pada dampak positif, baik melalui investasi maupun inisiatif kolaboratif, East Ventures terus berperan sebagai agen perubahan yang mempromosikan pertumbuhan berkelanjutan dan inklusif dalam dunia bisnis dan ekosistem startup.

Versi Bahasa Inggris dari East Ventures Sustainability Report 2024 dapat diunduh di east.vc/sustainability-report. Versi Bahasa Indonesia akan segera dirilis.

Related Topics