Comscore Tracker
NEWS

Formula E Akan Jadi Green Sportainment Pertama di Indonesia

Komitmen turunkan efek rumah kaca lewat Formula E.

Formula E Akan Jadi Green Sportainment Pertama di IndonesiaFoto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (13/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Gelaran Formula E di Jakarta atau Jakarta EPrix 2022 merupakan salah satu contoh implementasi dari prinsip sustainability, sekaligus akan menjadi green sportainment pertama di Indonesia. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali.

Balap mobil listrik Formula E Jakarta, dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 4 Juni 2022, di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol.

"Jakarta E-Prix 2022 juga merupakan salah satu contoh implementasi dari prinsip sustainability itu. Bagi Indonesia, ini bakal menjadi pertama kalinya green sportainment digelar," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5).

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali menyampaikan ajang balap mobil listrik Internasional tersebut akan menjadi bagian dari HUT ke-495. Meskipun demikian, Marullah menyebut, pelaksanaan acara tetap di bawah kendali PT Jakarta Propertindo (Jakpro), bukan Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta. 

"Formula E kita masukkan dalam rangkaian ini (HUT DKI Jakarta), pelaksanaan Formula E ini tetap di bawah PT Jakarta Propertindo (Jakpro) kendati menjadi rangkaian acara pemerintah provinsi," katanya.

Formula E dan misi mengurangi efek rumah kaca

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerangkan bahwa melalui Formula E, Jakarta ingin memenuhi tanggung jawabnya dalam menghadapi pemanasan global dan perubahan iklim yang sedang dihadapi dunia.

“Kita punya komitmen di Jakarta untuk menurunkan efek rumah kaca sebesar 30 persen di 2030,” kata Anies dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (31/5).

“Sekarang di 2022, kita sudah menurunkan 26 persen. Jadi tinggal 4 persen lagi, di enam tahun mendatang," ujarnya. 

Anies mengatakan, bahwa pagelaran Jakarta E-Prix ini bakal menjadi peristiwa yang bersejarah. Sebab ini akan menjadi titik tolak menuju kendaraan bebas emisi di tahun-tahun mendatang. 

“Saya harap, semuanya menganggap ini (pagelaran Jakarta E-Prix) sebagai tugas sejarah. Mari kita lakukan yang terbaik, torehkan sejarah kita, dan berbanggalah!” ujarnya.

Warga tak perlu khawatir karena ambruknya atap tribun Formula E

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi ambruknya atap pada tribun penonton Formula E Jakarta pada Jumat, 27 Mei 2022. Dia mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir mengenai kejadian tersebut.

"Tidak usah khawatir. Insyaallah nanti penyelenggaraan Formula E kan tanggal 4 Juni 2022," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/5).

Riza menyatakan, ambruknya atap tribun sirkuit dikarenakan hujan dan angin kencang yang melanda Jakarta pada Jumat malam itu. "Terkait atap tribun kemarin kan memang ada hujan, ada angin kencang, itu sudah diperbaiki, jadi tidak ada masalah," kata dia.

Dia meyakinkan bahwa hal tersebut tidak akan menjadi penghambat gelaran balap mobil listrik formula E yang berlangsung Sabtu, 4 Juni 2022. "Enggak usah khawatir, Insyaallah," ucap Ahmad Riza Patria.

Atap tribun sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, roboh. Hal itu diketahui setelah foto beredar di media sosial yang menampilkan atap sirkuit tersebut roboh pada Jumat 27 Mei 2022 pukul 23.00 WIB.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta mengungkapkan, target perbaikan atap salah satu bagian tribun penonton yang ambruk akibat cuaca buruk rampung pada Kamis 2 Juni 2022.

"Target maksimal hari Kamis," kata Principle HSE Consultant Formula E Operation (FEO) Richard Bates di Jakarta, Minggu (29/5) seperti dilansir Antara.

Related Topics

Related Articles