NEWS

Kaleidoskop Tren Wisatawan Lintas Asia Tenggara 2023

Harga jadi penentu preferensi dan loyalitas.

Kaleidoskop Tren Wisatawan Lintas Asia Tenggara 2023Ilustrasi Perjalanan Wisata/Pixabay
12 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menjelang akhir tahun 2023, AirAsia MOVE (sebelumnya dikenal sebagai airasia Superapp) merangkum sejumlah tren perjalanan lintas Asia Tenggara, di mana pertimbangan harga menjadi faktor utama yang mempengaruhi preferensi dan loyalitas pengguna aplikasi.

Nadia Omer, Chief Executive Officer airasia MOVE, menyatakan pekan terakhir setiap bulan merupakan periode puncak pemesanan tiket pesawat.

Berdasarkan perilaku transaksi pengguna airasia MOVE, tanggal menuju gajian atau pekan terakhir di setiap bulan merupakan periode puncak pembelian tiket pesawat dari seluruh maskapai yang tersedia di dalam aplikasi.

"Tren perjalanan yang kami amati sepanjang tahun sesuai dengan komitmen airasia MOVE untuk menciptakan ekosistem perjalanan yang inklusif dan terjangkau bagi semua orang," katanya.

Destinasi paling banyak dikunjungi

Selama tahun 2023, airasia MOVE mencatat jumlah pemesanan tiket pesawat tertinggi pada sejumlah destinasi negara tetangga. Berbagai destinasi favorit, di antaranya Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu (Malaysia), Bangkok dan Chiang Mai (Thailand), serta Manila (Filipina). Setidaknya, terdapat lebih dari 30 persen pengguna aplikasi yang mencari penerbangan menuju rute tersebut.

Lebih lanjut, ia menjelaskan aplikasi airasia MOVE menawarkan penerbangan dari AirAsia, maskapai berbiaya hemat, serta 700 maskapai global terkemuka lainnya. Pilihan maskapai, yakni Turkish Airlines, Etihad, ANA, KLM, Air Arabia, Air New Zealand, Citilink, Bangkok Airways, Royal Brunei, Vietnam Airlines, Jeju Air, dan sebagainya.

Untuk mendorong tingkat pemesanan melalui aplikasi, sejumlah promo bulanan digulirkan seperti ‘Superapp Super Sale' hingga 17 Desember untuk pemesanan tiket pesawat, hotel, airasia ride, dan sebagainya.

Akomodasi harga Rp800 ribu hingga Rp1,3 juta jadi pilihan

Dari sisi akomodasi, 74 persen pengguna airasia MOVE memilih akomodasi dengan kisaran harga Rp800 ribu hingga Rp1,3 juta. Sejumlah nama hotel yang menjadi pilihan utama para pengguna lintas Asia Tenggara, antara lain Resorts World Group, Ibis, dan Fave hotel. Menariknya, mayoritas pemesanan hotel dilakukan sekitar 30 hari sebelum kedatangan, sementara pemesanan tiket pesawat dilakukan jauh sebelumnya.

Menurut Nadia, untuk optimalisasi harga terbaik dari program loyalitas, 2,3 miliar airasia points ditukarkan pada tahun 2023, setara dengan 106 ribu tiket penerbangan Jakarta - Penang pada periode promo final call.

Hal ini tampak pada jumlah anggota airasia yang meningkat lebih dari 40 persen pada tahun 2023 dibandingkan 2022. Berdasarkan akumulasi selama setahun, sebanyak 2,3 miliar airasia points telah ditukarkan untuk bertransaksi di seluruh ekosistem airasia MOVE.

Nadia mengungkapkan, fakta ini telah menegaskan kembali posisi kami sebagai platform OTA+ yang selalu mengedepankan harga terbaik bagi para pengguna.

"Memasuki tahun 2024, pengguna dapat menantikan pengalaman aplikasi yang lebih baik, beserta ragam produk menarik dan inovatif, seperti paket berlangganan penerbangan terbaru, promo yang lebih menguntungkan untuk tiket pesawat, hotel, dan lainnya," kata Nadia

Related Topics