NEWS

Sosok Francoise Bettencourt Meyer, Perempuan Terkaya di Dunia 2023

Francoise Bettencourt Meyer pewaris tahta L'Oreal.

Sosok Francoise Bettencourt Meyer, Perempuan Terkaya di Dunia 2023Françoise Bettencourt Meyers/Dok. Reuters
02 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Forbes merilis daftar perempuan terkaya di dunia 2023. Nama Francoise Bettencourt Meyers ada di posisi pertama, dan belum tergoyahkan sejak 2019. 

Francoise Bettencourt Meyers menjadi perempuan terkaya di dunia tahun ini dengan total kekayaan mencapai US$80,5 miliar. Siapa dia sebenarnya?

Pewaris tahta L'Oreal

Francoise Bettencourt Meyers adalah cucu dari pendiri raksasa kecantikan L'Oreal. Ia pertama kali muncul di Daftar Miliarder Dunia Forbes pada tahun 2018.

Kekayaan Meyers diwariskan ibunya yakni, Liliane Bettencourt, yang selalu tercatat sebagai perempuan terkaya versi Forbes sejak 1987. Pada 2017, ketika ibunya tutup usia.

Francoise Bettencourt Meyers dan keluarganya diketahui memiliki sekitar 33 persen saham L'Oreal. Dia telah bertugas di dewan L'Oreal sejak 1997 dan merupakan ketua dari perusahaan induk keluarga. Kedua anaknya, yakni Jean-Victor Meyers dan Nicolas Meyers juga punya posisi sehingga bukan tidak mungkin menjadi orang terkaya selanjutnya. Demikian dikutip dari Forbes, Selasa (2/5).

Pundi harta yang dimiliki sejak lahir tersebut membawa Meyers menjadi perempuan terkaya nomor 1 di dunia pada 2019 versi The Forbes. Pada tiga tahun lalu, bahkan total kekayaannya mencapai US$49,3 miliar.

Francoise Bettencourt Meyers menjabat posisi Vice Chair of the Board of L'Oréal sejak 1997. Ia juga merupakan cucu dari Eugène Paul Louis Schueller yang mendirikan bisnis tersebut di 1909. 

Meski mendapatkan hartanya dari sang ibu, hubungan Françoise dan Liliane diketahui tak selalu baik. Françoise pernah menuduh ibunya terpengaruh oleh orang-orang jahat yang mengincar kekayaannya. Untungnya, keduanya kemudian berdamai dan Françoise tetap mendapatkan semua uang yang diwariskan kepadanya.

Sebagai perusahaan kecantikan terbesar di dunia, grup L'Oreal membawahi lebih dari 35 merek kosmetik, perawatan wajah, dan perawatan diri lainnya. Beberapa merek yang dikenal publik, seperti Maybelline, Garnier, dan Nyx.

Pegiat filantropi

Mengutip The Forbes, Meyers aktif dunia filantropi. Bersama L'Oreal dan yayasan keluarga Bettencourt Meyers, dia pernah mendonasikan US$226 juta untuk merenovasi katedral Notre Dame yang terbakar April 2019 lalu.

Selain itu, perempuan terkaya di dunia 2023 Francoise Bettencourt Meyers juga menjabat sebagai presiden yayasan filantropi Bettencourt Schueller Foundation. Yayasan inilah yang mendorong kemajuan Prancis dalam sains dan seni. Di samping itu, yayasan mendukung sebuah penelitian terkait neuron untuk membantu anak-anak autis di Prancis.

Tak hanya sebagai pebisnis sukses, Meyers memiliki profesi lain sebagai penulis.Sejumlah buku telah dilahirkan dan berkisah tentang dewa Yunani.

Related Topics