NEWS

Cara Mengajukan Visa Jepang Tanpa Datang ke Jakarta

Permohonan bisa dari Surabaya, dan Bali, Makassar, & Medan.

Cara Mengajukan Visa Jepang Tanpa Datang ke JakartaPanorama Gunung Fuji (Unsplash/@jojophoto)
13 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara mengajukan Visa Jepang penting diketahui bagi Anda yang berencana berlibur ke Jepang. Negara Matahari Terbit itu masih menjadi salah satu tujuan favorit di Asia bagi banyak orang Indonesia. Selain menawarkan berbagai lokasi wisata dan budaya yang unik dan menarik, negara ini mempunyai daya tarik yang tidak bisa diabaikan. Untuk dapat mengunjungi Jepang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengurus visa Jepang. 

Sebelum mengajukan visa Jepang, perlu mempersiapkan seluruh dokumen dan persyaratan visa Jepang. Poses pengajuan dan pengambilan visa Jepang dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang berada di Kuningan City Mall, lantai 2. Namun, bagi Anda yang berada di luar Jakarta tak perlu repot. Kini pemohon visa Jepang di Indonesia dapat mengajukan permohonan dari Surabaya, dan Bali, Makassar, serta Medan. 

Mulai 1 April 2024, pemohon visa Jepang di Indonesia dapat mengajukan permohonan visa kunjungan jangka pendek dan visa khusus, visa pelajar, dan visa pekerja di Visa Application Centre canggih yang berada di Bali, Makassar, Medan, dan Surabaya dengan mudah dengan melalui janji temu terlebih dahulu secara online atau cukup datang ke pusat permohonan tersebut (sistem first-come, first-served), sehingga mereka tidak perlu pergi ke Jakarta untuk mengajukan permohonan.

Peresmian resmi pusat permohonan visa di Surabaya dilakukan oleh Mr. Takeyama Kenichi, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, dan Mr. Kaushik Ghosh, Head - Australasia, VFS Global, pada tanggal 28 Maret 2024, dalam kehadiran perwakilan dari Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya. Keempat pusat permohonan visa yang baru diluncurkan di Bali, Makassar, Medan, dan Surabaya mulai beroperasi untuk menerima permohonan visa mulai 1 April 2024.

Mr. Takeyama Kenichi, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, mengatakan, Indonesia adalah sumber pasar utama bagi Jepang dan kami mengusahakan segala langkah yang memungkinkan untuk memudahkan dan menyederhanakan proses permohonan visa bagi wisatawan.

"Pendirian pusat-pusat permohonan visa baru ini merupakan langkah penting menuju strategi untuk lebih mengembangkan hubungan bilateral kita," ujarnya.

Pemohon visa di Indonesia kini dapat mengajukan permohonan visa Jepang di lima kota utama, yang sebelumnya hanya satu kota di Jakarta, sehingga membantu mereka menghemat waktu dan biaya perjalanan.

"Pusat permohonan visa baru ini akan membantu kami dalam memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pemohon visa Jepang di Indonesia melalui proses pengajuan visa yang lancar," katanya, menambahkan.

Fasilitas permohonan yang luas ini dilengkapi dengan fitur dan layanan yang modern serta pemohon akan dibantu oleh petugas layanan pelanggan yang terlatih untuk membantu pemohon visa di setiap tahapan.

Mr. Kaushik Ghosh, Head – Australasia, VFS Global, menyampaikan, VFS Global mempunyai hubungan baik yang sudah lama terjalin dengan Pemerintah Jepang sejak tahun 2010 dan inisiatif untuk memperluas kemitraan kami lebih lanjut.

"Pusat-pusat permohonan visa di Indonesia ini akan memainkan peran penting dalam melayani secara efektif atas meningkatnya permintaan perjalanan ke Jepang, salah satu tujuan terpopuler di dunia," ujarnya.

Pusat permohonan visa ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan membuat proses permohonan visa menjadi lebih mulus dan lancar, sehingga membantu menghadirkan pelayanan yang lebih baik kepada para wisatawan.

Layanan permohonan visa Jepang di Indonesia

Pemohon dapat memilih dari serangkaian layanan opsional dan tambahan untuk meningkatkan pengalaman pengajuan permohonan visa mereka secara keseluruhan.

  • Layanan Visa At Your Doorstep (VAYD) akan memungkinkan pemohon visa Jepang untuk mengajukan visa dari lokasi yang mereka kehendaki, sementara itu di Premium Lounge menawarkan suasana yang dipersonalisasi dan nyaman kepada pemohon visa Jepang.
  • Layanan Prime Time akan memungkinkan pemohon untuk mengajukan permohonan mereka di luar jam kerja biasa.
  • Layanan tambahan lainnya antara lain termasuk Kurir Dua Arah, Bantuan Pengisian Formulir, dan Peringatan SMS. Penting untuk diingat bahwa memilih layanan tambahan ini tidak berpengaruh pada jadwal atau keputusan pengajuan visa.

Sebanyak 429.400 pengunjung Jepang asal Indonesia pada 2023, telah melebihi jumlah pengunjung di level sebelum pandemi (di angka 412.779 pada 2019) sebesar 4%, menurut Japan National Tourism Organization (JNTO). Di Januari 2024, 41.300 pengunjung asal Indonesia tiba di Jepang, meningkat sebesar  27,2 persen di periode yang sama di 2019.

VFS Global telah menjadi mitra terpercaya bagi Pemerintah Jepang untuk layanan pemrosesan visa sejak tahun 2010. Perusahaan ini menawarkan layanan visa atas nama Jepang di sembilan negara melalui jaringan 25 pusat permohonan visa.

Peran VFS Global dalam proses aplikasi visa terbatas pada tugas administratif, termasuk pengumpulan formulir aplikasi visa, dokumen yang diperlukan sesuai daftar periksa, dan melakukan proses pengambilan biometrik, jika diperlukan. VFS Global tidak memiliki peran dalam proses pengambilan keputusan pemberian atau penolakan visa. Pengambilan keputusan mengenai pemberian atau penolakan visa adalah hak prerogatif dan tanggung jawab Kedutaan Besar dalam sistem koordinasi Schengen.

Alamat Pusat Aplikasi Visa Jepang di Indonesia:

  • Bali: Park 23, Lantai 3, No. L3-22,23,23A, Jl. Kediri, Tuban, Badung, Bali - 80361

  • Jakarta: Kuningan City Mall, 2nd floor No. L2-09A, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan 12940

  • Makassar: Phinisi Point Mall, UG-23, Jalan Metro Tanjung Bunga No. 2, Kota Makassar, Sulawesi Selatan – 90121

  • Medan: Deli Park Mall, LGM-05, Jalan Putri Hijau Dalam No. 1 Blok OPQ, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara – 20111

  • Surabaya: Graha Bukopin, Lantai 12, Unit 11, Jalan Panglima Sudirman No. 10-18, Surabaya – 60271

Permohonan visa Jepang bisa dilakukan pada Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 15.00 waktu setempat. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://visa.vfsglobal.com/idn/en/jpn/. Demikian cara mengajukan visa Jepang dari Surabaya, dan Bali, Makassar, dan Medan.

Related Topics