NEWS

Tarif Tol JORR, Tol ATP, dan Tol Pondok Aren-Ulujami Terbaru 2023

Tarif tol resmi naik mulai 4 Desember 2023.

Tarif Tol JORR, Tol ATP, dan Tol Pondok Aren-Ulujami Terbaru 2023ilustrasi jalan tol (unsplash.com/redjohn45)
05 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Tarif Tol JORR, Tol Akses Tanjung Priok (ATP), dan Tol Pondok Aren-Ulujami terbaru 2023 diumumkan. Tarif tol pada sejumlah ruas jalan tol tersebut secara resmi mengalami kenaikan mulai Senin (4/12).

"Penyesuaian tarif tol pada Ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Akses Tanjung Priok (ATP) dan Pondok Aren - Ulujami akan mulai diberlakukan pada 04 Desember 2023, pukul 00.00 WIB," ujar Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi Jasamarga Metropolitan Tollroad, Panji Satriya, dalam keterangan pers.

Ia menyampaikan bahwa penyesuaian tarif tol tersebut telah diimplementasikan sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1604/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, mencakup sejumlah seksi dan ruas seperti JORR Seksi W1 (Kebon Jeruk-Penjaringan), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami).

Kemudian pada Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-3, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami.

Penyesuaian tarif tol tersebut merupakan penyesuaian tarif secara rutin, sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, serta Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol yang telah diperbarui dalam PP Nomor 17 Tahun 2021 tentang perubahan keempat atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Menurut beleid tersebut, penilaian dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan dampak laju inflasi dan evaluasi terhadap pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol.

Ruas Tol JORR, ATP, dan Pondok Aren-Ulujami membentuk sistem jalan tol yang terhubung secara langsung atau terintegrasi (toll to toll) dan memiliki peran krusial sebagai akses utama yang mendorong dinamika ekonomi. Ruas ini menjadi pendorong utama untuk mempercepat alur logistik dan mobilitas penduduk, baik dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok maupun Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu, ruas tol ini juga mendukung pertumbuhan ekonomi di sekitarnya, termasuk sektor properti, pengembangan kawasan industri, dan pusat perbelanjaan.

Tarif tol terbaru dan peningkatan layanan

Empat Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang bertanggung jawab atas pengelolaan Ruas JORR, ATP, dan Pondok Aren-Ulujami, yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), PT Marga Lingkar Jakarta, dan PT Jakarta Lingkar Baratsatu, terus giat melakukan upaya perbaikan guna meningkatkan kualitas layanan, memberikan tingkat keamanan, kenyamanan, dan keselamatan yang optimal bagi pengguna jalan tol.

Upaya peningkatan layanan mencakup aspek transaksi, seperti penyediaan Mobile Reader untuk mempercepat proses transaksi, implementasi serta pengembangan transaksi Single Lane Free Flow (SLFF), dan peningkatan kapasitas transaksi di gerbang tol.

Dalam konteks layanan preservasi, telah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan tol meliputi Pekerjaan Pemeliharaan Periodik (Scraping, Filling & Overlay), Pemeliharaan Penerangan Jalan Umum (PJU), Pekerjaan Beautifikasi dan Penataan Lansekap, Pekerjaan pemeliharaan rambu, Median Concrete Barrier (MCB), Guardrail, Reflector, dan pengaman jalan tol, serta pekerjaan pembuatan tanggul dan saluran.

Di bidang layanan lalu lintas, keempat BUJT ini telah melaksanakan berbagai tindakan, seperti pemasangan Dynamic Message Sign (DMS) pada akses jalan tol dan lajur, pemasangan speed camera dan CCTV, serta pemeliharaan fasilitas keselamatan lalu lintas dan penyiagaan armada operasional, termasuk Mobile Customer Service, derek, ambulance, rescue, dan derek multiguna.

Daftar tarif Tol JORR, Tol ATP, dan Tol Pondok Aren-Ulujami

1. Ruas Tol JORR, ATP, Pondok Aren-Ulujami

  • Golongan I: Rp17.000
  • Golongan II dan III: Rp25.000
  • Golongan IV dan V: Rp33.500

2. Ruas Jalan Tol Pondok Aren - Ulujami (Segmen Bintaro Viaduct - Pondok Ranji)

  • Golongan I: Rp3.500
  • Golongan II dan III: Rp5.000
  • Golongan IV dan V: Rp6.500

Demikian informasi mengenai tarif Tol JORR, Tol Akses Tanjung Priok (ATP), dan Tol Pondok Aren-Ulujami terbaru 2023. Jangan lupa siapkan saldo e-toll Anda agar perjalanan berjalan lancar.

Related Topics