NEWS

5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, dan Banyak Dicari Saat Ramadan

Ada banyak varietas kurma yang jadi buruan.

5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, dan Banyak Dicari Saat RamadanSejumlah pembeli memilih buah kurma di salah satu toko kurma kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa,(12/3). ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso
13 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kurma memiliki hubungan erat dengan Ramadan, salah satu bulan suci dalam Islam ketika umat Muslim berPuasa dari fajar hingga matahari terbenam. 

Kurma menjadi makanan yang sangat populer untuk sahur atau berbuka.

Ketika berbuka puasa, ada banyak orang berpuasa yang memulai dengan kurma, mengikuti tradisi yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.  

Dengan kaitan tersebut, kurma menjadi primadona dan banyak dicari saat Ramadan.

Menurut Otoritas Pengawasan Makanan Abu Dhabi (ADFCA), bentuk, ukuran dan rasa menentukan kualitas dan harga kurma. Tingginya permintaan terhadap beberapa varietas tertentu dengan ketersediaan terbatas di pasar, rendahnya produksi beberapa varietas, metode dan mekanisme yang digunakan dalam operasi pasca panen seperti pengeringan dan pengemasan dan lain-lain juga berperan dalam menentukan harga kurma.

Berikut rangkuram Fortune Indonesia tentang lima kurma termahal di dunia. Namun, perlu diingat bahwa harga bisa berubah sewaktu-waktu, bergantung pada berbagai faktor seperti ketersediaan, kualitas, dan permintaan pasar.

Kurma Medjool

Medjool sering kali dianggap sebagai varietas kurma paling mewah dan termahal di dunia. Ini adalah kurma yang besar, manis, dan memiliki tekstur lembut.

Medjool biasanya berasal dari Israel, Palestina, atau California. Harga Medjool bisa mencapai Rp200.000 sampai Rp350.000 per kilogram bergantung pada kualitasnya.

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa adalah varietas yang sangat dihargai dalam Islam karena dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang besar dan disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW.

Kurma Ajwa biasanya berasal dari Madinah, Arab Saudi, dan memiliki rasa manis dengan sedikit rasa gurih.

Harga kurma Ajwa termasuk sebagai salah satu yang termahal di pasar. Bila melihat di lokapasar, rentang harga dari kurma jenis ini mencapai Rp160.000 sampai Rp250.000 per kilogram, bergantung pada asal dan kualitasnya.

Related Topics