NEWS

Anies Kritik Food Estate, Ini Jawaban TKN Prabowo-Gibran

Food estate dinilai lebih lengkap dari contract farming.

Anies Kritik Food Estate, Ini Jawaban TKN Prabowo-GibranPresiden Jokowi meninjau ladang jagung di kawasan food estate, Desa Wambes, Kecamatan Mannem, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (6/7). (dok. Setpres)
by
01 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, melancarkan kritik terhadap program Food Estate pemerintah, dan, jika nanti terpilih sebagai presiden, memilih program pangan berupa contract farming.

Mananggapi kritikan tersebut, Ketua Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), Anggawira, mengatakan konsep contract farming yang dtawarkan Anies terkait kesejahteraan pangan tidak lebih baik daripada gagasan food estate Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Menurutnya, pelaksanaan program food estate yang ditugaskan kepada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, merupakan program yang lebih lengkap dari hulu ke hilir, jika dibandingkan dengan contract farming.

"Food estate ini ekosistem yang saling support, kalau contract farming itu hanya membahas sebagian saja dan tidak menyelesaikan semuanya. Dalam food estate ada contract farming, tapi dalam contract farming tidak ada upaya penyediaan lahan pertanian seperti food estate,” kata dia melalui keterangannya, Jumat (1/12).

Anggawira yang juga anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menjelaskan food estate memiliki daya saing produk lokal yang semakin meningkat. Dia mencontohkan program tersebut dapat menekan impor komoditas pangan, meningkatkan daya saing harga produk komoditas pangan lokal, dan menekan biaya produksi.

"Food estate ini membuka lahan bagi petani maupun pihak swasta dan mereka bisa memakai lahannya untuk bertani dan kemudian hasil produknya dibeli oleh BUMN Pangan (ID Food)," ujar Anggawira.

Sebaran wilayah food estate

Food estate sendiri tersebar di sejumlah kawasan. Mengacu data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), food estate dibangun di Kalimantan Barat dengan luas 120.000 hektare, Kalimantan Tengah 180.000 hektare, Kalimantan Timur 10.000 hektare, dan Maluku 190.000 hektare, dan Papua 1,2 juta hektare, Sumatra Utara 1.000 hektare, Nusa Tenggara Timur 365 hektare.

Lahan di Sumatra Utara ditujukan untuk menanam komoditas bawang merah, bawang putih, dan kentang dengan luas potensial 1.000 hektare dengan luas efektif yang mengelola 748,6 hektare. Sementara pembangunan food estate di NTT Kabupaten Belu sudah dilayani irigasi sprinkler dan ditanami sekitar 43,9 hektare, tempat 3,3 hektare berfungsi untuk tanaman sorgum dan 40,6 hektare untuk tanaman jagung.

Kritikan Anies soal food estate

Anies Baswedan (Politikus/Calon Presiden Republik Indonesia) di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023
Anies Baswedan (Politikus/Calon Presiden Republik Indonesia) di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023

Related Topics