Comscore Tracker
NEWS

Besok Mendag Zulhas Luncurkan Minyak Goreng Curah Kemasan Sedehana

Minyak curah kemasan ini akan dijual Rp14 ribu per liter.

Besok Mendag Zulhas Luncurkan Minyak Goreng Curah Kemasan SedehanaMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan menunjukkan minyak goreng saat meninjau bahan pokok dan minyak goreng di Pasar Ciracas, Jakarta, Selasa (5/7). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan akan meluncurkan minyak goreng kemasan sederhana atau Minyakita. Hal ini diharapkan dapat memperluas distribusi minyak goreng dengan harga terjangkau.

"Saya hari ini ingin memberi tahu kepada teman-teman di DPR RI khususnya Komisi VI bahwa besok saya akan meluncurkan inovasi saya sebagai Menteri yaitu Minyakita. Ini adalah trobosan Kemendag sebagai salah satu upaya agar minyak goreng ini bisa terdistribusi dengan murah dan aman,” kata Zulkifli saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (5/6).

Minyak goreng tersebut merupakan minyak goreng curah yang dikemas dengan bungkus sederhana yang akan dijual seharga Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram dengan merek Minyakita.

Merk Minyakita merupakan merk dagang milik pemerintah. Nantinya produsen minyak goreng BUMN atau swasta dapat menggunakan merek tersebut.

Diharapkan dapat menekan harga

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli, menyebut Minyakita telah mendapatkan izin dari BPOM dan memenuhi SNI.

“Minyak Goreng Rakyat kemasan ini akan mempermudah proses distribusi, menjaga kebersihan sampai ke tangan konsumen. Minyakita ini akan disalurkan melalui berbagai mitra dari Kemendag, dengan harapan dapat tersalurkan dengan baik serta tetap dengan harga terjangkau, yaitu Rp14.000,” ujarnya.

Sampai hari ini, dia menyebut Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng di Jawa dan Bali sudah sesuai ketetapan pemerintah.

Namun, ia menyatakan masih ada beberapa tempat di rata-rata nasional yang harganya di atas Rp15.000, antara lain di Papua dengan rata-rata Rp20.000.  Dia menyampaikan, minyak goreng curah di wilayah Papua dan Maluku masih tinggi karena mahalnya ongkos logistik.

“Dengan diluncurkannya Minyakita, saya harap 2 minggu ke depan harga minyak goreng sudah di bawah Rp14.000 untuk seluruh Indonesia.” kata Zulhas.

Ada 28 pelaku usaha yang terlibat

Pedagang melayani pembeli minyak goreng curah di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Pada kesempatan berbeda, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag, Isy Karim, mengatakan Minyakita akan dijual dalam tiga ukuran, yakni 1 liter, 2 liter, dan 5 liter. Namun demikian, harga Minyakita akan tetap diatur senilai Rp14.000 per liter.  

Dia mengatakan, ada 28 produsen yang bersedia memproduksi minyak goreng curah kemasan tersebut. Nantinya, jumlah produsen pun akan terus bertambah. “Kemarin ada tambah lagi 5 atau berapa itu, kan terus bertambah,” ujarnya.

Related Articles