NEWS

Daftar 21 Bengkel Konversi Motor Listrik yang Disubsidi Pemerintah

Tahun ini pemerintah menargetkan 50.000 motor dikonversi.

Daftar 21 Bengkel Konversi Motor Listrik yang Disubsidi PemerintahMenteri ESDM, Arifin Tasrif, mengendarai motor listrik. (dok. Kementerian ESDM)
21 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri ESDM, Arifin Tasrif, mengatakan 21 bengkel konversi motor listrik yang dimaksud telah mendapat sertifikat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Saat ini telah disiapkan dan tersedia 21 bengkel bersertifikat Kemenhub dengan kapasitas konversi 1.900 unit per bulan atau 22.800 unit per tahun," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan secara virtual, Senin (20/3).

Saat ini Kementerian ESDM dan Kemenhub bersama Polri tengah melakukan pembahasan untuk mendapatkan waktu konversi motor listrik yang paling cepat, serta sedang disusun surat kesepakatan bersama antara ketiga institusi tersebut.

Target pada 2023, sebanyak 50.000 unit motor konvensional dapat dikonversi menjadi motor listrik, sehingga dibutuhkan 42 bengkel konversi. Lalu ditargetkan ada 150.000 unit motor konvensional terkonversi menjadi motor listrik di 2024, dan dibutuhkan 125 bengkel.

Arifin mengatakan untuk mencapai target tersebut, pemerintah melakukan pelatihan terhadap bengkel-bengkel. Targetnya bisa ada 1.020 bengkel terlatih hingga Desember 2023 yang mampu mengkonversi 102.000 unit motor per bulan atau 1,22 juta unit per tahun.

Ketentuan motor konvensional yang dapat dikonversi

Ada dua kriteria utama motor dapat menerima bantuan subsidi konversi motor listrik. Pertama, motor yang akan dikonversi harus layak digunakan dengan kapasitas mesin 110 cc hingga 150 cc.

Kedua, dari sisi administrasi, motor harus memiliki surat yang lengkap dan aktif. Selain itu, nama pemilik kendaraan yang tercantum dalam STNK harus sesuai dengan nama di KTP.

Ketentuan mengenai nama yang tercantum dalam STNK dan KTP harus sama, mengacu pada pedoman pemberian insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Lantaran, setiap satu orang hanya bisa mendapatkan subsidi untuk satu kendaraan saja.
 

Daftar bengkel konversi motor listrik

Berikut daftar bengkel konversi motor listrik yang saat ini sudah mendapatkan sertifikat Kemenhub:

  1. Litbang KESDM - Bogor
  2. PT Braja Elektrik Motor - Surabaya
  3. Elders Garage - Jakarta
  4. Juara Bike/Selis- Tangerang
  5. Braja/Kampus ITS-Surabaya
  6. PT Nagara Sains Konversi- Jakarta
  7. PT Handhika Garda Parama – Jakarta
  8. Percik Daya Nusantara – Denpasar
  9. PT Tri Mentari Niaga/ BRT – Bogor
  10. PT Roda Elektrik Gemilang – Denpasar
  11. PT Cogindo daya Bersama – Cirebon
  12. PT Spora EV – Jakarta
  13. PT Sarana Makmur Sejahtera – Mojokerto
  14. PT Strum Techology Asia – Jakarta
  15. PT Mitra Metal Perkasa – Karawang
  16. PT Ide Inovatif Bangsa – Bali
  17. CV Karya Kartanagari Group – Bogor
  18. Politeknik Negeri Jakarta – Jakarta
  19. PTDI – STTD – Bekasi
  20. PT Electric Vehicle Trimotorindo
  21. PT Ekoelektrik Konversi Mandiri


     

Related Topics