Comscore Tracker
NEWS

Erick Thohir Tunjuk Mohammad Rizal Pahlevi Sebagai Direktur AP II

Mohammad Rizal Pahlevi bukan orang baru di dunia aviasi.

Erick Thohir Tunjuk Mohammad Rizal Pahlevi Sebagai Direktur AP IITerminal 1A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Bandara ini merupakan salah satu kelolaan AP II. ANTARA FOTO/Fauzan

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Kementerian BUMN dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) alias InJourney Holding menunjuk Mohammad Rizal Pahlevi sebagai Direktur Komersial dan Pelayanan PT Angkasa Pura II.

"Beliau memiliki pengalaman panjang di industri aviasi dan kargo untuk mendukung pertumbuhan bisnis AP II selaku pengelola 20 bandara," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Minggu (10/4).

Keputusan tentang penunjukan itu tertuang dalam Surat Keputusan SK-97/MBU/04/2022 dan KEP.047/INJOURNEY/04/2022 yang dikeluarkan 8 April 2022.

Mohammad Rizal Pahlevi bukan orang baru di dunia penerbangan. Sebelumnya, ia menjabat sebagai direktur niaga dan kargo PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dan Vice President Garuda Indonesia di Eropa, Inggris, Rusia, dan Afrika.

Rizal mulai berkarier di Garuda Indonesia pada 1987, dan berpengalaman dalam urusan pemasaran, penjualan, dan kargo.

Tugas Mohammad Rizal Pahlevi di AP II

Awaluddin mengatakan salah satu tugas besar Rizal adalah mewujudkan kawasan Cargo Village di Bandara Soekarno Hatta.

"AP II bersama Indonesia Investment Authority (INA) tengah menjalani rangkaian proses dalam mengembangkan kawasan cargo village yang akan meningkatkan daya saing Bandara Soekarno Hatta di tingkat regional dan global," ujar Awaluddin.

Erick Thohir tunjuk Hilda Savitri

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir juga mengangkat petinggi perempuan, yakni Hilda Savitri, sebagai Direktur Keuangan Dan Manajemen risiko AP II.

Keputusan ini sesuai dengan Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia Selaku Para Pemegang Saham PT Angkasa Pura II, Nomor SK-90/MBU/03/2022 dan Nomor KEP.046/INJOURNEY/03/2022.

Salinan tersebut diserahkan secara virtual kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin pada Senin (4/4).

Hilda Savitri sebelumnya merupakan direktur keuangan PT Hutama Karya (Persero), serta direktur PT Indonesia Infrastructure Finance (2016-2020), dan direktur investasi di TAEL Management (2007-2015).

Dia menggantikan Wiweko Probojakti, Direktur Keuangan AP II sebelumnya yang dilantik menjadi direktur IT, Konsumen, dan Jaringan Bank Jateng.

Related Articles