NEWS

Jasa Marga Masih Finalkan Beberapa Isu untuk Penerapan Tol Nirsentuh

Jasa Marga bakal dikenai service fee.

Jasa Marga Masih Finalkan Beberapa Isu untuk Penerapan Tol NirsentuhFoto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym)
by
14 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menjelaskan perkembangan terkini persiapan penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau multilane free flow (MLFF).

Direktur Bisnis Jasa Marga, Reza Febriano, menjelaskan rencana program implementasi MLFF hingga saat ini masih dalam proses pembahasan. Rencananya, pada akhir tahun akan dilakukan uji coba penerapan MLFF dengan pihak ketiga, yaitu Roatex yang merupakan perusahaan dari Hungaria.

“Jadi kebetulan terkait dengan program ini memang program yang diinisiasi oleh Kementerian PUPR dan kami selaku badan usaha jalan tol mengikuti terkait dengan program tersebut,” ujar Reza dalam Public Expose, Rabu (14/9).

Untuk sampai tahap implementasi MLFF, dia mengatakan masih akan terus terjadi pembahasan serta diskusi lebih lanjut dengan para pihak terkait. Menurutnya, ada dua isu yang perlu diselesaikan, yakni mengenai potential loss dan law enforcement.

Jasa Marga akan dikenai service fee

Dari sisi investasi, Jasa Marga tidak melakukan penanaman modal dalam program MLFF. Pasalnya, pemilik programnya adalah Roatex sebagai pihak penyelenggara.

Pada saat implementasi nantinya, Jasa Marga akan dibebankan dengan kewajiban membayar service fee pada Roatex. Hingga saat ini, perhitungan biayanya masih belum diperoleh dari Roatex.

"Nanti pada saat implementasi, BUJT akan dibebankan terkait dengan kewajiban membayar service fee pada Roatex," kata Reza.

Akan diberlakukan pada 2023

Sejumlah kendaraan keluar pintu Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.

Related Topics