NEWS

Penuhi Air Baku di IKN, Bendungan Sepaku Semoi Akan Rampung 2023

Bendungan ini memiliki luas genangan 280 hektare.

Penuhi Air Baku di IKN, Bendungan Sepaku Semoi Akan Rampung 2023Ilustrasi bendungan. ANTARA FOTO/Jojon
by
25 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat pembangunaan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara. Hal ini guna mendukung kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan target penyelesaian pengerjaannya pada awal 2023 dan target pengisian awal atau impounding pertengahan 2023.

"Dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi penyediaan air baku IKN masih cukup hingga 2030. Ke depan kita juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu, sementara untuk pengendalian banjir di IKN jaringan drainase-nya sedang kita desain untuk segera dikerjakan," kata  Basuki dalam keterangannya yang dikutip, Senin (25/4).

Bendungan ini memiliki luas genangan 280 hektare dan kapasitas tampung 10,6 juta meter kubik, dan utamanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan. Selanjutnya, dengan adanya IKN, akan dioptimalkan untuk penyediaan air baku berkapasitas 2.500 liter per detik dan mereduksi banjir 55 persen.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, mengatakan pembangunan IKN Nusantara harus didukung dengan infrastruktur dasar seperti air baku, jalan, dan perumahan. “Dibangunnya Bendungan Sepaku Semoi tentunya akan menjadi urat nadi dari IKN Nusantara," ujarnya.

Pengerjaan sudah 45 persen

Saat ini konstruksi Bendungan Sepaku Semoi mencapai 45 persen. Progres ini meliputi pekerjaan penyiapan bangunan pelimpah, bangunan pengelak, dan tubuh bendungan yang meliputi main caver dam

Pengerjaan fisiknya akan dipercepat hingga ditargetkan selesai pada awal 2023 dan pertengahan 2023 sudah impounding (pengisian awal). Bendungan Sepaku Semoi dikerjakan dengan skema kontrak tahun jamak hingga 2023 senilai Rp556 miliar dengan kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya- PT Sacna- dan PT. BRP (KSO).

Ada bendungan lain di IKN

Selain Bendungan Sepaku Semoi, Kementerian PUPR juga akan membangun Bendungan Batu Lepek yang berpotensi untuk memenuhi kebutuhan air baku 5.000 liter per detik dan Bendungan Selamayu dengan potensi air baku 3.950 liter per detik.

Studi kelayakan Bendungan Batu Lepek dan Selamayu telah dilakukan pada 2020 dan 2021. "Ke depan kami juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu. Sementara, untuk pengendalian banjir di IKN, jaringan drainasenya sedang kami desain untuk segera dikerjakan," ujar Basuki.

Di Kalimantan Timur sendiri sudah terdapat enam tampungan air, yakni Bendungan Manggar di Balikpapan dengan kapasitas tampung 14,2 juta meter kubik, Bendungan Teritip di Balikpapan dengan kapasitas 2,43 juta meter kubik, dan Embung Aji Raden di Balikpapan dengan kapasitas 0,49 juta meter kubik.

Berikutnya, Bendungan Samboja di Kutai Kartanegara dengan kapasitas 5,09 juta meter kubik, Intake Kalhol Sungai Mahakam dengan kapasitas 0,02 juta meter kubik, dan Bendungan Lempake di Samarinda dengan kapasitas 0,67 juta meter kubik.

 

Related Topics