NEWS

Siapa Wahyu Kenzo, 'Crazy Rich' Surabaya Tersangka Robot Trading?

Jumlah kerugian Rp9 triliun.

Siapa Wahyu Kenzo, 'Crazy Rich' Surabaya Tersangka Robot Trading?Crazy Rich Surabaya, Wahyu Kenzo tersangka robot trading. (Dok. Instagram @wahyukenzo88)
09 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kepolisian Daerah Jawa Timur menangkap Dinar Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo karena diduga melakukan tindakan penipuan serta pelanggaran UU ITE.

Pria yang dilabeli 'crazy rich Surabaya' itu menjadi tersangka investasi robot trading Auto Trade Gold (ATG) yang dipegang PT Pansaky Berdikari Bersama dengan jumlah korban, menurut Kapolda Jatim Irjen Toni Hermanto, 25.000 orang. Total kerugian dari kejahatan tersebut ditaksir mencapai Rp9 triliun.

Penjahat robot trading memanfaatkan program komputer untuk memanipulasi pasar keuangan secara ilegal, seperti melakukan insider trading atau manipulasi harga saham. Kegiatan semacam itu merupakan pelanggaran hukum dan dapat mengakibatkan konsekuensi hukum serius, seperti denda dan penjara.

Laman detiknews mewartakan bahwa Kenzo dilaporkan oleh seorang warga Kota Malang yang ingin menjual tanah dan mengaku mengenal Kenzo pada 2021. Pelapor itu ditawari uang untuk pembayaran tanah, tapi dia awalnya tidak tertarik. Namun, setelah dijanjikan keuntungan 10 persen dari dana yang disetorkan, dia akhirnya setuju. 

Sialnya, di belakang hari, dia tidak pernah menangguk hasil seperti yang dijanjikan. 

Siapa Wahyu Kenzo?

Mengutip berbagai sumber, Wahyu Kenzo merupakan pendiri Robot Trading ATG sekaligus CEO PT Pansaky Berdikari Bersama yang mengelola ATG. Dia lahir pada 21 Desember 1988. 

Berdasarkan informasi dari laman instagram pribadinya @wahyukenzo88, dia merupakan CEO dari sebuah perusahaan bernama Pansaka Id, yang merupakan perusahaan direct selling atau penjualan langsung dengan fokus pada pengembangan produk kecantikan dan kesehatan.

Perusahaan tersebut mengaku telah memiliki ribuan mitra yang tersebar di seluruh Indonesia dan disebut memiliki Surat Izin Usaha dengan sistem Penjualan Langsung (SIUPL) serta masuk sebagai anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) yang menaungi perusahaan direct selling sejak pertengahan 2020.

Selain itu, dalam Instagram pribadinya Kenzo mengaku sebagai penggemar olahraga, penggemar sports car, spesialis mata uang kripto, dan spesialis valutas asing.

Wahyu Kenzo memiliki 254.000 pengikut pada akun Instagramnya. Postingannya tidak banyak, hanya 18.

Ia kerap membagikan foto dirinya tengah berpose dengan mobil-mobil mewah dan momen-momen saat berpergian ke luar negeri. Wahyu juga beberapa kali mengunggah foto bersama sejumlah pejabat publik, seperti Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.

Bambang Soesatyo bahkan mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada Wahyu melalui video pada Desember 2021.
 

Related Topics