NEWS

Erick Thohir Angkat Komisaris dan Direksi Baru Pertamina

Rida Mulyana ditetapkan sebagai komisaris.

Erick Thohir Angkat Komisaris dan Direksi Baru PertaminaMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat memantau distribusi BBM di SPBU Balaraja, Tangerang, Sabtu (22/8). (Dok. BUMN)
19 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri BUMN Erick Thohir menetapkan satu komisaris dan dua direksi baru PT Pertamina (Persero) melalui rapat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung hari ini, Senin (19/9).

Susunan Komisaris dan Direksi baru Pertamina tersebut tertuang dalam dua Surat Keputusan (SK) Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Pertama SK dengan Nomor SK-198/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Kedua, SK bernomor.SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Perseroan) PT Pertamina 

Di jajaran komisaris, Erick menetapkan Rida Mulyana yang merupakan salah satu pejabat tinggi di Kementerian ESDM. Kemudian, ada Erry Widiastono yang ditetapkan sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur, dan Atep Salyadi Dariah Saputra sebagai Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU).

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya S. Poerwadi menyampaikan Surat Keputusan tersebut juga memberhentikan dengan hormat Ego Syahrial dari jabatan komisaris, Mulyono dari jabatan Direktur Logistik dan Infrastruktur dan Iman Rachman dari jabatan Direktur SPPU PT Pertamina (Persero). 

“Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ego Syahrial, Bapak Mulyono dan Bapak Iman Rachman atas dedikasinya untuk Indonesia dan kontribusinya dalam pengelolaan bisnis Pertamina di tengah tantangan pandemi Covid-19,” tandas Brahmantya.

Profil komisaris dan direksi baru 

Sebagai informasi, Rida Mulyana saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM. Sebelum itu, Rida juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal EBTKE dan Direktur Jenderal Kelistrikan.

Sementara Profil Erry Widiastono merupakan pejabat lama di lingkungan Pertamina Group. Erry tercatat pernah menduduki posisi sebagai Senior Vice President for Shipping PT Pertamina (Persero). Lalu pada 13 Juni 2020, ia diangkat sebagai Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) sebelum akhirnya diangkat sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina.

Adapun Atep Salyadi Dariah Saputra telah menjabat di berbagai posisi strategis diantaranya Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) sebagai lembaga pemeringkat perusahaan dan instrumen pasar modal yang terpercaya di Indonesia.

Related Topics