NEWS

Harga Tiket LRT Jabodebek dan Cara Naiknya

Tarif LRT masih didiskon menjadi Rp5.000.

Harga Tiket LRT Jabodebek dan Cara NaiknyaSejumlah pekerja menyelesaikan proyek infrastruktur Depo LRT (Light Rail Transit) Jabodebek di Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/4/2022). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.
29 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek resmi beroperasi Senin (28/8). Total, terdapat 18 stasiun yang ditetapkan untuk melayani pelanggan LRT di Jakarta, Depok, Bogor, dan Bekasi, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat dan Jatimulya.

Semua stasiun itu terbagi menjadi dua jalur perjalanan, yakni Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP, dan Bekasi yang melintasi Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP. 

Selain itu, stasiun LRT terdiri atas 2 jenis: Interchange Station, yakni Stasiun Cawang; Typical Station, yakni 17 stasiun lainnya. Perbedaan dari tipe stasiun ini adalah jumlah jalur, luas stasiun, dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya.

Interchange Station terdiri atas 3 lantai. Lantai pertama digunakan sebagai area boarding dan komersial; lantai kedua area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Sedangkan tipe Typical Station terdiri atas 2 lantai: lantai 1 adalah area boarding, dan lantai 2 merupakan area peron.

Stasiun Cawang merupakan Interchange Station karena merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. Pelanggan dari Stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti terlebih dahulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya.

Lantas bagaimana cara naik LRT Jabodebek? Berikut caranya:

  • Siapkan kartu uang elektronik.

Direktur Utama KAI. Didiek Hartantyo, mengatakan pelanggan LRT Jabodebek dapat menggunakan kereta layang itu dengan mudah melalui pembayaran nontunai seperti Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), Kartu Multi Trip KAI Commuter, Scan Qris, Link Aja, dan KAI PAY.

“KAI bersama pemerintah dan stakeholders lainnya berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu wujud nyata dari kolaborasi tersebut adalah terselenggaranya layanan transportasi LRT Jabodebek yang hadir memberikan  kemudahan dan kelancaran mobilisasi masyarakat,” kata Didiek

  •  Tap in di gate

Setelah memiliki kartu uang elektronik atau dompet digital, pelanggan bisa menuju pintu akses untuk melakukan tap in di stasiun keberangkatan. Setelah berhasil melewati proses tersebut, pelanggan bisa menuju peron yang sesuai dengan tujuan perjalanannya. 

Setibanya di stasiun tujuan, pelanggan dapat melakukan tap out kartu uang elektronik atau dompet digital pada pintu yang tersedia. Selanjutnya, saldo kartu uang elektronik atau dompet digital otomatis terpotong.

Harga tiket

Dalam rangka HUT ke-78 RI, tarif LRT Jabodebek masih didiskon 78 persen dan diwujudkan dalam tarif flat Rp 5.000 untuk seluruh lintas pelayanan. Ini berlaku sejak diresmikan sampai dengan akhir September 2023. 

Untuk selanjutnya, guna mendorong minat masyarakat beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi serta untuk mengenalkan LRT Jabodebek , Kementerian Perhubungan telah menyiapkan skema tarif promo maksimal Rp20.000 untuk jarak terjauh, dan di bawah Rp20.000 untuk selain jarak terjauh, sampai dengan akhir Februari 2024.

Menurut Didiek, pelanggan LRT Jabodebek mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Tujuannya adalah untuk menarik minat masyarakat agar menggunakan transportasi umum dengan biaya lebih terjangkau. 

Tarif LRT Jabodebek telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp700 per km selanjutnya. 

“Kehadiran LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya. Nantinya akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang,“ ujar Didiek.

Related Topics