Comscore Tracker
NEWS

Ini Negara dengan Perekonomian Terbesar di Dunia

Indonesia berada di urutan ke-7 berdasarkan data IMF.

Ini Negara dengan Perekonomian Terbesar di DuniaIlustrasi negara di dunia

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Negara dengan perekonomian terbesar di dunia bisa diperingkat dengan sejumlah cara dan pendekatan. Salah satunya, dengan membandingkan produk domestik bruto (PDB) tiap-tiap negara.

Organisasi Dana Moneter Internasional atau IMF, misalnya, mengurutkan PDB negara-negara di dunia dengan pendekatan Purchasing Power Parity (PPP) atau paritas daya beli.

Paritas daya beli sendiri adalah konsep untuk menyetarakan harga sekumpulan barang yang identik di berbagai lokasi berbeda. 

Barang-barang tersebut seharusnya memiliki harga yang setara di berbagai negara. Paritas daya beli banyak digunakan untuk mengkonversi beberapa indikator ekonomi seperti produk domestik bruto (PDB). Dengan mengkonversinya, data tersebut lebih dapat diperbandingkan antar negara karena menghilangkan efek perbedaan nilai tukar.

Paritas daya beli sendiri ditentukan dengan membandingkan harga untuk membeli satu bundel barang dan jasa di masing-masing negara. Informasi ini kemudian digunakan untuk mengkonversi PDB setiap negara ke unit moneter umum seperti dolar AS. Konversi tersebut membuat perbandingan PDB lebih relevan.

Dengan cara ini, IMF mencatat bahwa Indonesia masuk dalam kelompok 10 negara dengan ekonomi atau PDB terbesar di dunia. Bahkan, Indonesia berada di posisi ketujuh, menyalip Brasil, Inggris, dan Perancis.

PDB Indonesia, mengutip World Economic Outlook IMF edisi Oktober 2022, mencapai US$4,02 triliun berdasarkan pendekatan Purchasing Power Parity (PPP) atau paritas daya beli. 

Posisi Indonesia mengalahkan Brasil, Inggris, dan Perancis yang perekonomiannya mencapai US$3,78 triliun, US$3,77 triliun, dan US$3,68. Indonesia persis berada dibelakang Rusia yang ekonominya mencapai US$4,46 triliun.

Adapun Tiongkok menempati posisi pertama dengan PDB mencapai US$30,07 triliun. Disusul Amerika Serikat (AS) US$25,03 triliun, India US$ 11,66 triliun, Jepang US$ 6,11 triliun, dan Jerman US$ 5,3 triliun.

10 negara terbesar 

Lantas, bagaimana urutan negara dengan perekonomian terbesar berdasarkan IMF? Berikut urutan 10 negara dengan perekonomian terbesar, bedasarkan persentase GDP Dunia.

  1. China, 18.58%
  2. Amerika serikat 15.47%
  3. India 7.21%
  4. Jepang 3.78%
  5. Jerman 3.29%
  6. Rusia 2,87%
  7. Indonesia 2.49%
  8. Brazil 2.34%
  9. Inggris 2.33%
  10. Prancis 2.28%
  11. Turki 2.05%

Related Topics

Related Articles