NEWS

Kemenhub Siapkan Layanan Bus Bersubsidi di Depok dengan Skema BTS

Pilot project di Terminal Margonda-Stasiun LRT Harjamukti.

Kemenhub Siapkan Layanan Bus Bersubsidi di Depok dengan Skema BTSBPTJ melakukan penandatanganan MOU dengan Pemkot Depok terkait layanan BTS. (Doc: Kementerian Perhubungan)
12 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyiapkan layanan bus bersubsidi dengan skema pembelian layanan (Buy The Service/BTS) di Depok, Jawa Barat. Ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara BPTJ dengan Pemkot Depok—kesepakatan ketiga program BTS di Jawa Barat setelah Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor.

Plt. Kepala BPTJ, Suharto, mengatakan lembaganya terus berupaya membangkitkan kembali minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum massal dengan menghadirkan layanan angkutan umum yang berkualitas sesuai standar pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan.

“Perluasan layanan BTS di daerah-daerah Bodetabek merupakan hal penting yang akan kami upayakan karena program ini merupakan embrio dari sistem transportasi massal berkelanjutan. Angkutan massal dengan program BTS akan menyediakan layanan yang aman dan nyaman, serta memberi kepastian kepada masyarakat terkait jadwal”, ungkapnya dalam keterangan resmi Jumat (12/1).

Suharto menambahkan sebagai pilot project layanan BTS di Kota Depok, rute pertama yang akan dibuka yaitu dari Terminal Margonda menuju Stasiun LRT Jabodebek Harjamukti.

Rute tersebut merupakan rute prioritas dari lima rute yang diusulkan oleh Pemkot Depok dan terintegrasi langsung dengan layanan LRT Jabodebek.

“Mudah-mudahan nantinya pemerintah Kota Depok dapat menambahkan koridor lagi sehingga kita dapat mempunyai timeline yang jelas kapan kiranya Kota Depok ini benar-benar selesai untuk restrukturisasi angkutan kota-nya dan konsep angkutan kota yang lebih baik lagi," kata Suharto.

Dalam kesempatan sama, Walikota Depok Mohammad Idris menuturkan kehadiran BTS di kota Depok akan menjadi solusi transportasi terintegrasi bagi masyarakat Kota Depok dan akan semakin banyak yang memanfaatkan layanan angkutan umum massal.

“Mudah-mudahan dengan adanya BTS ini dapat mengurangi kemacetan juga dapat mengurangi polusi udara," kata Idris.

Skema BTS

Skema Buy The Service merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk menyediakan layanan angkutan umum yang memadai dan menjangkau semua wilayah dalam rangka mendorong pembangunan, meningkatkan perekonomian, serta memajukan kesejahteraan masyarakat.

Di Jabodetabek, BTS Biskita saat ini telah beroperasi di satu kota dan akan segera bertambah di dua kota dan satu Kabupaten. Pelayanan BTS di Kota Bogor telah beroperasi sejak November 2021 dengan jumlah 49 bus dan 4 Koridor.

Sementara di Kota Bekasi, program BTS telah masuk fase MoU pada 4 September 2023 dan Kabupaten Bogor pada 3 Januari 2024 dengan rencana masing-masing 1 koridor. Rute yang akan ditetapkan sesuai dengan masukan dan pertimbangan masing-masing wilayah.

Related Topics