NEWS

Kementerian ESDM Kembali Buka Lelang Blok Migas West Kampar

Potensi sumber migas West Kampar mencapai 130 MMBO.

Kementerian ESDM Kembali Buka Lelang Blok Migas West KamparKantor Kementerian ESDM. Shutterstock/Shalstock
21 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali mengumumkan penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas West Kampar melalui mekanisme penawaran langsung. Blok West yang dua bulan sebelumnya telah masuk dalam Penawaran WK Migas Tahap I 2022 itu masuk dalam kategori penawaran dengan status eksploitasi dan skema kontrak bagi hasil (PSC) cost recovery.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji berharap melalui penawaran tersebut, WK West Kampar dapat segera diproduksikan kembali, sehingga dapat memberikan tambahan kontribusi bagi produksi minyak dan gas bumi nasional.

"WK West Kampar berlokasi di perairan Sumatera Utara dan Riau, dengan potensi sumber daya minyak dan gas bumi kurang lebih 130 million barrels of oil (MMBO). Potensi sumber daya tersebut di luar potensi cadangan lapangan eksisting yaitu Lapangan Pendalian dengan besaran cadangan sisa sebesar kurang lebih 9,6 MMBO," ujarnya seperti dikutip Antara, Selasa (20/9).

Kementerian ESDM menawarkan minimum komitmen pasti untuk eksploitasi dan eksplorasi di WK West Kampar. Untuk komitmen eksploitasi, penawarannya mencakup studi geology geophysics reservoir engineering (GGRE), empat sumur pengembangan, lima sumur workover, konstruksi fasilitas produksi, dan komitmen berproduksi di tahun pertama kontrak.

Sementara untuk, komitmen eksplorasi penawarn Kementerian ESDM berupa studi G&G, 250 km 2D seismic acquisition and processing, 50 km2 3D seismic acquisition and processing, dan tiga sumur eksplorasi.

Pembukaan akses bid dokumen

Tutuka menuturkan, melalui penawaran ini pemerintah mengundang badan usaha dan bentuk usaha tetap yang bergerak di industri hulu minyak dan gas bumi untuk berpartisipasi mengelola blok tersebut.

Terutama, bagi badan usaha yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, memenuhi syarat dan ketentuan pokok lelang WK, serta memiliki kinerja dan track record yang baik.

Ia juga mengumumkan pembukaan akses bid document diberikan waktu mulai 20 September 2022 sampai 19 Oktober 2022, forum klarifikasi 21 September-20 Oktober 2022, dan penyampaian dokumen partisipasi 20-21 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB.

Sementara, registrasi dan akses bid document dilakukan melalui website https://esdm.go.id/wkmigas.

Related Topics