NEWS

Klaim Asuransi Anda Ditolak? Cek Penyebabnya!

Info kedaluwarsa hingga telat bayar premi bisa jadi sebab.

Klaim Asuransi Anda Ditolak? Cek Penyebabnya!Ilustrasi Asuransi/Dok. unsplash.com/@vladdeep
03 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Memiliki asuransi merupakan slaah satu bentuk proteksi diri dari berbagai hal yang tidak diinginkan di masa depan. Asuransi kesehatan misalnya, dapat meminimalkan risiko kerugian finansial serta harus membayar perawatan yang mahal ketika Anda tiba-tiba jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Meski demikian, terkadang ada sejumlah hal yang menyebabkan klaim asuransi kesehatan ditolak. Hal tersebut tentu akan membuat jengkel pemegang polis atau pihak tertanggung. Apalagi, jika ia telah membayar premi dengan harga mahal.

Lantas, apa saja penyebab klaim asuransi kesehatan ditolak? Berikut ulasannya.

Informasi kedaluwarsa

Mengutip situs web Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), informasi kedaluwarsa kerap kali jadi penyebab klaim asuransi ditolak. Oleh karena itu, disarankan untuk memastikan terlebih dahulu informasi yang digunakan apabila Anda ingin mengajukan klaim asuransi. Misalnya, jika Anda mengalami pergantian alamat, berganti pekerjaan, dan lain-lain.

Selain itu, pastikan pengajuan klaim sesuai dengan masa berlaku klaim yang tertuang dalam persyaratan polis. Hal ini penting sebab sebagian besar perusahaan asuransi memiliki jeda waktu penerimaan klaim.

Dokumen tidak lengkap

Dokumen pengajuan klaim yang tidak lengkap juga kerap membuat pengajuan klaim asuransi ditolak. Itu sebabnya, ketika penyedia asuransi meminta Anda memenuhi beberapa dokumen pendukung sesuai ketentuan dalam polis, hal tersebut sebaiknya dicermati dan dilakukan dengan benar.

Semakin lengkap dokumen yang Anda serahkan, niscaya proses klaim bisa lebih lancar dan lebih mudah.

Related Topics