NEWS

MedcoEnergi Akuisi Aset ConocoPhillips di Indonesia

MedcoEnergi pegang 54% working interest di Corridor PSC.

MedcoEnergi Akuisi Aset ConocoPhillips di IndonesiaShutterstock/Red ivory
09 December 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Medco Energi Internasional Tbk mengumumkan telah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi saham yang diterbitkan ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) dari Phillips International Investment Inc.

CIHL merupakan perusahaan yang memegang 100 persen saham di ConocoPhillips (Grissik) Ltd. (CPGL) dan 35 persen saham di Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. (Transasia). CPGL sendiri adalah operator dari Corridor PSC dengan kepemilikan 54 persen working interest.

Sebagai catatan, Corridor PSC memiliki dua lapangan produksi minyak dan tujuh lapangan produksi gas berlokasi di onshore Sumatera Selatan. Mayoritas produksinya adalah gas yang dijual melalui kontrak jangka panjang kepada para mitra di Indonesia dan Singapura. 

Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco, mengatakan akuisisi Corridor PSC sesuai dengan strategi perseroan yakni memiliki dan mengembangkan aset berkualitas tinggi serta menghasilkan arus kas positif. 

"Untuk seluruh operasi, kami berkomitmen untuk tetap menjaga standar keselamatan kerja yang tinggi, pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial. Akuisisi ini akan memperkuat posisi MedcoEnergi sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen terkemuka di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (9/12).

Sementara itu, melalui Transasia, nantinya MedcoEnergi akan memiliki saham minoritas pada jaringan pipa gas yang menyuplai pelanggan di Sumatra Tengah, Batam, dan Singapura. Setelah Transaksi, proforma pedoman MedcoEnergi tahun 2022 untuk segmen minyak & gas adalah produksi 155 mboepd, belanja modal US$275 juta dan biaya kas per unit di bawah US$10/boe.

Roberto Lorato, CEO Medco, mengatakan bahwa, transaksi tersebut melanjutkan rekam jejak perusahaannya dalam memberikan nilai tambah melalui akuisisi serta sejalan dengan strategi menghadapi perubahan iklim. 

Ia berharap, transaksi ini dapat selesai pada kuartal I 2022, dengan mengikuti persyaratan yang berlaku umum serta persetujuan para pemegang saham di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan sesuai jadwal.

"Akuisisi ini akan semakin memperkuat posisi MedcoEnergi di Asia Tenggara dan akan menghasilkan sinergi yang kuat dengan wilayah kerja kami di Sumatra. Kami siap menyambut seluruh pekerja berkualitas dari Corridor PSC untuk bergabung ke dalam grup MedcoEnergi," tuturnya.

Related Topics