NEWS

Pendaftar Subsidi Tepat di Jambi Capai 104 Ribu Kendaraan

Program Subsidi Tepat bisa memonitor penggunaan BBM subsidi.

Pendaftar Subsidi Tepat di Jambi Capai 104 Ribu KendaraanIlustrasi: Petugas SPBU sedang mengisikan Pertalite ke mobil konsumen. (Dok. Pertamina)
17 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Implementasi Program Subsidi Tepat untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) yang diujicobakan di Jambi mendapat respons positif. Per Kamis (16/3), jumlah pendaftar Program Subsidi Tepat di Jambi mencapai 104.000 kendaraan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumatera bagian selatan, Tjahyo Nikho Indrawan, dalam keterangan tertulisnya mengatakan program tersebut akan memungkinkan program penyaluran BBM subsidi, khususnya solar, untuk lebih tepat sasaran.

"Kami terus mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus berlangsung. Diharapkan, masyarakat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Bagi masyarakat yang kesulitan untuk mendaftar secara mandiri, kami menyiagakan petugas di SPBU agar bisa membantu masyarakat," jelas Nikho, Jumat (17/3).

Penerapan implementasi secara menyeluruh (full cycle) Program Subsidi Tepat di Jambi ini telah diujicobakan sejak Februari 2023. Sejak penerapan full cycle program ini, konsumsi harian BBM jenis Bio Solar wilayah Jambi mengalami penurunan sekitar 15 persen dibandingkan rata-rata harian sebelumnya. 

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan Program Subsidi Tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan pertalite dan solar. Melalui pendataan, lanjutnya, diharapkan penyaluran BBM berubsidi dapat lebih terpantau dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan. 

“Saat ini Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai tata cara pendaftaran serta menguji coba kesiapan verifikasi QR code. Kami juga terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi,” katanya.

Pendaftaran Program Subsidi Tepat juga dibuka untuk kendaraan roda empat. Pertamina telah menjalin kerja sama dengan Korlantas Polri terkait sinkronisasi data kendaraan untuk program Subsidi Tepat. 

Untuk melakukan pendaftaran, konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website Subsidi Tepat. Berikut beberapa dokumen yang harus disiapkan.

  • KTP
  • STNK kendaraan (tampak depan dan belakang)
  • Foto kendaraan (tampak keseluruhan)
  • Foto kendaraan (tampak depan nomor polisi)
  • Foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR 
  • Alamat e-mail

Untuk mendaftarkan kendaraan di program Subsidi Tepat, masyarakat dapat mengakses halaman https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Related Topics