NEWS

5 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Ada Indonesia!

Indonesia menempati posisi teratas

5 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Ada Indonesia!Ilustrasi mesin tambang (Unsplash/@alberthyseni)
21 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Nikel adalah hasil tambang yang kian naik daun seiring pesatnya perkembangan kendaraan listrik/electric vehicle (EV).

Saat ini, banyak pabrik dan sejumlah negara yang membutuhkan nikel sebagai salah satu komponen baterai pada kendaraan listrik.

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia dan memiliki peran penting terhadap perdagangan nikel secara global.

Lantas, berapa jumlah produksi nikel yang dihasilkan Indonesia, dan negara mana saja yang juga menjadi penghasil nikel terbesar? Simak ulasannya berikut ini!

1. Indonesia

Berdasarkan laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Indonesia menempati posisi teratas sebagai negara penghasil nikel terbesar di dunia, dengan jumlah produksi mencapai 1,6 juta metrik ton (MT) pada tahun 2022, sebelumnya di angka 1,4 juta MT.

Berdasarkan capaian ini, Indonesia menyumbang sebesar 48,48 persen dari keseluruhan produksi nikel global, atau hampir separuh dari 3,3 juta MT.

Tidak hanya itu, cadangan nikel di Indonesia juga yang paling besar di antara negara lainnya, yaitu sebesar 21 juta MT.

Dengan demikian, Indonesia memiliki masa depan yang cerah karena harga nikel diprediksi akan meningkat seiring dengan masifnya perkembangan EV.

2. Filipina

Selanjutnya, ada tetangga Indonesia, yaitu Filipina yang berada di posisi kedua sebagai negara penghasil nikel terbesar di dunia.

Filipina mampu menghasilkan nikel sebesar 330 ribu MT pada tahun 2022. Angka tersebut justru menurun sekitar 50 ribu MT dibanding pada periode sebelumnya, yaitu 387 ribu MT.

Curah hujan yang tinggi menyebabkan penurunan angka produksi nikel di negara ini, karena operasi penambangan sempat terdampak banjir.

Dibandingkan dengan Indonesia, tentu angka produksi nikel di Filipina terpaut sangat jauh, begitu pun dengan cadangan nikel yang dimiliki. Negara ini memiliki cadangan nikel sebesar 4,8 juta MT.

Related Topics