Comscore Tracker
NEWS

Setelah Diretas, Monkey Kingdom Siapkan Dana Kompensasi

Peretas mencuri 7.000 SOL

Setelah Diretas, Monkey Kingdom Siapkan Dana KompensasiKoleksi NFT Monkey Kingdom di pasar NFT Magic Eden. (Doc. magiceden.io)

by SissySissy

Pada Selasa, 21 Desember, proyek non fungible token (NFT) Monkey Kingdom, yang telah menerima dukungan signifikan dari selebriti global terkemuka dan tokoh budaya keturunan Asia, termasuk Steve Aoki, mengumumkan melalui Twitter bahwa peretas telah mengambil USD $1,2 juta dari komunitas crypto melalui pelanggaran keamanan di Discord.

Menurut pengembang, peretasan pertama terjadi dengan pelanggaran Grape, sebuah solusi populer untuk memverifikasi pengguna di Solana (SOL). Peretas kemudian mengambil alih akun administratif yang memposting tautan phishing di saluran Discord Monkey Kingdom.

Pengguna yang mengklik tautan tersebut menghubungkan dompet mereka dengan harapan akan menerima NFT gratis, namun token SOL mereka justru dikuras oleh peretas. Untungnya, tim di belakang Monkey Kingdom berusaha keras untuk memastikan pendukung proyek mereka terlindungi.

1. Peretas mencuri 7.000 SOL, yang nilainya hampir US$1,2 juta

Pengumuman peretasan Monkey Kingdom (Twitter/MonkeyKingdom)

Pada malam 22 Desember, selama pra-penjualan Baepes yang sangat dinanti-nantikan (kumpulan 2.221 NFT Wukong perempuan), komunitas Monkey Kingdom menjadi korban kejahatan sekelompok peretas.

Serangan DDoS (Distribution Denial of Service) diluncurkan di situs MonkeyKingdom.io selama periode pra-penjualan yang menyebabkan kebingungan yang meluas di kalangan komunitas.

Peretas telah melanggar akun karyawan Grape, yang memiliki hak administratif untuk obrolan grup proyek di Discord, dan mulai memposting tautan phishing. Dalam rentang beberapa menit, para peretas menipu calon pembeli untuk membagikan informasi akun mereka dan mencuri 7.000 SOL, yang berjumlah hampir US$1,2 juta.

Pada akhirnya, 373 subscriber Discord mengkliknya dan menghubungkan dompet mereka ke akun scam anonim hanya untuk melihat kepemilikan SOL mereka dikosongkan dalam waktu singkat.

2. Fractal berterima kasih kepada para peretas atas publisitas gratisnya

Justin Kan, Pendiri Twitch\'s (gadgets.ndtv.com)

Seperti yang diungkapkan oleh Grape di akun Twitter mereka, peretas memperoleh akses ke saluran resmi pasar Fractal yang didirikan oleh salah satu pendiri Twitch, Justin Kan.

Alih-alih mendapatkan hadiah NFT Airdrop yang dijanjikan, pelanggan saluran Discord Fractal mendapatkan tautan jahat yang digunakan untuk memberikan akses ke dompet kripto Solana mereka. 

Justin Kan meminta maaf atas peretasan tersebut dan berjanji untuk mengganti kerugian mereka. Dia juga berterima kasih kepada para peretas atas publisitas gratisnya.

Insiden ini adalah salah satu penipuan terbesar yang dilaporkan ke publik yang melanda ruang NFT. Diketahui, NFT telah mengumpulkan daya tarik arus utama dengan volume penjualan yang melonjak menjadi US$10,7 miliar pada kuartal ketiga 2021, naik lebih dari delapan kali lipat dari kuartal sebelumnya, menurut data dari pelacak pasar DappRadar.

3. Monkey Kingdom menyiapkan dana kompensasi

Koleksi NFT Monkey Kingdom (monkeykingdom.io)

Untuk menunjukkan kekuatan dan komitmen terhadap proyek tersebut, tim wirausaha muda di belakang Monkey Kingdom dengan cepat bereaksi. Mereka menyiapkan dana kompensasi untuk mengembalikan 7.000 SOL (US$1,2 juta) kepada pembeli yang telah menjadi korban penipuan phishing dari peretas jahat. 

Untuk proyek yang baru berumur sebulan, ini adalah respons yang belum pernah terjadi sebelumnya dan cukup langka di ruang blockchain. Tim bekerja sepanjang liburan Natal untuk mengumpulkan informasi korban dan mengembalikan dana yang dicuri dalam rentang beberapa hari.

Hal tersebut semakin menanamkan kepercayaan yang besar dalam komunitas Monkey Kingdom serta menunjukkan bahwa kesejahteraan umum komunitas adalah prioritas utama.

4. Monkey Kingdom kembali lebih kuat

Pernyataan Monkey Kingdom (Twitter/MonkeyKingdom)

Monkey Kingdom pun telah pulih dengan cepat dari insiden yang tidak menguntungkan, dan telah membuat penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan bahwa komunitas setianya dapat memanfaatkan sepenuhnya koleksi “Diamond Baepes” yang akan datang.

Karena popularitas Monkey Kingdom terus tumbuh, langkah-langkah keamanan siber tambahan telah diterapkan untuk menghindari serangan di masa depan, dan memastikan keamanan pengguna.

Tim di balik Monkey Kingdom bersemangat dan berkomitmen untuk memenuhi target roadmap di tahun 2022. Ini juga termasuk menjajaki proyek lain termasuk kolaborasi fesyen, merchandise khusus, dan pengalaman unik yang akan memperkuat dan memperluas ekosistem Monkey Kingdom.

5. Monkey Kingdom menerima pengakuan global

Monkey Kingdom x Steve Aoki Metaverse X’Mas Party (Doc. Monkey Kingdom)

Setelah diluncurkan pada 27 November 2021, produk NFT Monkey Kingdom langsung ludes hanya dalam 2 menit. Monkey Kingdom kini menempati posisi kedelapan sebagai merek NFT tersukses di dunia.

Monkey Kingdom bertujuan untuk hidup berdampingan dengan proyek NFT PFP (Gambar Profil) populer lainnya termasuk CryptoPunks dan Bored Apes Yacht Club, tetapi dengan suara Asia. 

Selain public figure Indonesia, Monkey Kingdom juga mendapat dukungan dari tokoh internasional seperti Steve Aoki (DJ dan Produser), JJ Lin (Penyanyi), Sunny Wang (Aktor), Dizzy Dizzo (Musisi), Ian Chan (dari Hong Kong Mirror grup musik). ), Dr. Woo (Artis tato), dan Verbal (musisi Jepang dan CEO merek fesyen AMBUSH).

Ini adalah pengakuan yang sangat meyakinkan dari komunitas NFT, dan membawa Monkey Kingdom selangkah lebih dekat untuk memenuhi misinya menjadi merek mainstream. (WEB)

Related Articles